Akan Diterjunkan Selama Lebaran, 216 Pramuka Dilatih Pengamanan Lalu Lintas

PURWOREJO, Sebanyak 216 personil Pramuka Kwarcab Purworejo mengikuti pelatihan pengamanan lalu lintas untuk membantu kepolisian dalam Pengamanan Arus Mudik (PAM) Lebaran. Tujuannya untuk ikut serta membantu masyrakat mengamankan arus mudik lebaran.

Kegiatan itu diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin Wakil Ketua Binamuda Kwarcab Purworejo Soekoso DM SPd dihalaman Polres Purworejo pada Minggu (19/5). Hadir pula Kasat Binmas Polres Purworejo AKP Prayogo Setya Budi, Humas Kwarcab Dwija Mudiarto SSos MM, dan sejumlah pengurus Kwarcab.

Soekoso mengatakan, Kwarcab Purworejo berpartisipasi untuk menurunkan anggota Pramuka dalam Pengamanan Arus Mudik Lebaran. Sebagai bentuk kepedulian untuk ikut membantu kepolisian dalam pengamanan arus mudik dan kelancaran lalu lintas.

“Pramuka akan diberi wawasan tentang tata cara mengatur lalu lintas di jalan raya. Bahkan anggota Pramuka juga dilatih tertib berlalulintas agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam berlalu lintas dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,”katanya.

Dikatakan, anggota Pramuka dalam melaksanakan tugasnya supaya dapat maksimal sehingga keberadaannya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tentu sesuai arahan kepolisian yang ada di Posko Lebaran.

“Terutama pada 7 hari menjelang dan 7 hari paska Lebaran. Maka pelatihan ini menjadi bekal bagi anggota Pramuka untuk melaksanakan tugas di lapangan,”tandas Sukoso.

Sementara itu Ketua penyelenggara Dwija Mudiarto SSos MM mengungkapkan, jumlah peserta sebanyak 216 orang dari 36 gugus depan yang masing-masing mengirimkan 6 orang. Anggota Pramuka yang mengikuti pelatihan, nantinya akan bertugas pada 1 s/d 10 Juni 2019 dengan lokasi penugasan di 7 pos Lebaran.

“Pelatihan dilakukan oleh Polres Purworejo dengan materi lalu lintas,” jelas Dwija Mudiarto yang juga sebagai Kabid Kominfo. (*)

Tinggalkan Komentar