Agustusan dan Merti Desa, Pemdes Keburuhan Gelar Wayang Kulit

NGOMBOL, Pemerintah Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol menggelar pementasan wayang kulit, Kamis (25/8) malam dengan dalang Ki Sunarpo Guno Prayitno. Wayang kulit digelar di balai desa setempat mengambil lakon Tumuruning Wahyu Kamulyan

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti, SH, Camat Ngombol Dwijo Murdiyanto beserta Forkopincam, serta undangan lainnya. 

Pada kesempatan itu Wabup menyerahkan tokoh wayang Abimanyu kepada dalang Ki Sunarpo Guno Prayitno sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit. 

Dalam sambutannya Wabup  mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Desa Keburuhan, yang telah melaksanakan kegiatan merti desa sebagai salah satu bentuk pelestarian tradisi dan budaya bangsa.

Yuli Hastuti

Menurut Wabup, merti desa pada hakikatnya merupakan sebuah kegiatan yang menjadi simbol rasa syukur masyarakat kepada Tuhan atas segala karunia yang diberikan-Nya. Karunia tersebut bisa berupa apa saja seperti limpahan rezeki, keselamatan, ketentraman dan sebagainya. 

“Kegiatan seperti ini juga merupakan sebuah wadah dimana para penduduk bisa membina tali silaturahmi, saling menghormati, serta saling asah, asih dan asuh. Kesemuanya itu merupakan nilai-nilai kearifan lokal yang harus terus dijaga, agar tidak tergerus oleh derasnya perubahan zaman,” katanya.

Wabup mengungkapkan, kita bersyukur dapat kembali mengadakan berbagai kegiatan sosial kemasyakatan secara lebih leluasa, karena pemerintah telah memberikan pelonggaran aturan seiring meredanya pandemi Covid-19. 

“Sambil tetap selalu menjaga kesehatan, kini saatnya kita pulih lebih cepat bangkit lebih kuat, sebagaimana tema peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini yang kita rayakan bersama dengan penuh suka cita,” imbuhnya. (Nas)

Tinggalkan Komentar