Stan UMKM Purworejo di International Kebumen Expo Dipadati Pengunjung

PURWOREJO, Selama berlangsungnya Kebumen International Expo (KIE) sebanyak 75 produk UMKM dari Kabupaten Purworejo ikut meramaikan pameran yang berlangsung mulai 25 Juni hingga 2 Juli mendatang. Animo pengunjung pun tinggi, disamping omset transaksi yang sesuai ekspektasi.

Seperti dikemukakan oleh Koordinator UMKM Purworejo Agung, SE, selama tiga hari pameran berlangsung di Alun-alun Kebumen, omzet penjualan rata-rata mencapai Rp 2,5 juta perhari.

“Paling laris produk makanan khas Purworejo seperti clorot, geblek, lemper kethek, serta craft seperti bros dan kerajinan berbahan dasar anyaman bambu,” kata Agung kepada Purworejo News, Rabu (29/6).

Produk lain yang juga laris manis, lanjut Agung, adalah minuman markisa. Dalam sehari, lanjutnya, bisa terjual 100 botol.

Selama pameran berlangsung, UMKM Purworejo menempati stan VIP A.43 yang difasilitasi Dinas KUKMP Purworejo. Agung mengakui, sudah banyak pesanan untuk beberapa pelaku UMKM saat pameran.

Stan UMKM Purworejo di IKE Kebumen ramai pengunjung

“Alhamdulillah, selain sebagai ajang penjualan langsung dan media promosi, kami juga bisa bertemu secara face to face dengan pemesan di acara pameran ini. Jadi benar-benar tepat sasaran,” lanjut Agung.

Untuk lebih menarik minat pembeli, Agung dan teman-teman juga memberikan kupon setiap belanja minimal Rp 30 ribu. “Nantinya kupon tersebut akan kami undi di hari terakhir pameran,” ucapnya.

Terkait keikutsertaan UMKM Purworejo dalam ajang KIE, Kabid UMKM Dinas KUKMP Nurhadi Trionggo menjelaskan, tujuan utama ikut pameran yakni sebagai ajang promosi dan pamer produk, bukan transaksi langsung.

“Pameran tersebut diharapkan dapat memotivasi pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk supaya dapat berdaya saing dengan produk daerah lain,” ucapnya.

Onggo juga menyarankan agar para pelaku UMKM mulai mengubah maindset, yakni harus dinamis mengikuti selera pasar dan perubahan yang terjadi. “Jadi tidak mudah puas dengan kondisi yang ada,” katanya. (Dia)

Tinggalkan Komentar