60 Anggota Fatayat NU Pogung Juru Tengah Ikuti Pelatihan Merangkai Hantaran Nikah

BAYAN, Sebanyak 60 anggota Fatayat di Ranting Pogung Juru Tengah Kecamatan Bayan mengikuti pelatihan merangkai hantaran pernikahan di Aula TPQ desa setempat, Jumat (26)8) sore. Kegiatan yang disinkronkan antara program KKN IAINU Kebumen dengan agenda Fatayat NU Kecamatan Bayan itu melatih peserta untuk dapat membuat rangkaian hantaran pernikahan yang terbuat dari mukena, sajadah, dan handuk.

Selain mahasiswa KKN, penyuluh Agama Islam Kecamatan Bayan, Puji Astuti juga menjadi pemateri. Menurut Puji, program penyuluh agama Islam tidak hanya sebatas pada bidang dakwah saja, melainkan juga penyuluhan dalam bidang pemberdayaan ekonomi dan perempuan.

“Selain aktif di bidang keagamaan dan organisasi, perempuan diharapkan juga harus multi talenta dan produktif. Caranya yakni meningkatkan skill melalui berbagai kreatifitas yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga,” ujar Puji.

Suasana pelatihan merangkai hantaran pernikahan

Ditambahkannya, pelatihan semacam ini sangat dibutuhkan terutama oleh kader fatayat yang seluruh anggotanya adalah perempuan. Menurutnya, perempuan saat ini tidak hanya dituntut untuk pandai mengurus rumah tangga tetapi juga harus mampu mandiri secara ekonomi.


Selain bisa mendapatkan ilmu, peserta pelatihan juga memperoleh pengalaman dan skill baru yang dapat dikembangkan menjadi modal untuk membuka wirausaha. Juga mengisi waktu luang dengan kegiatan yang produktif dan memunculkan nilai ekonomi. (Dia)

Tinggalkan Komentar