500 Warga Miskin Dapat Foucher Belanja di Pasar Murah

PURWOREJO, Bagian Perekonomian Setda Purworejo menggelar pasar murah dengan sasaran 500 warga miskin. Masing-masing warga miskin menerima foucher sebesar Rp 50.000 sebagai bentuk subsidi dari pemerintah. Pasar murah digelar di Jalan Dr Setiabudi depan pendopo kabupaten Purworejo, Rabu (29/5). Pasar murah dibuka Wakil Bupati Yuli Hastuti.
Wabup Yuli Hastuti mengatakan, kita patut merasa bersyukur, karena berbagai program kegiatan yang pro rakyat masih dapat kita laksanakan dengan baik. Termasuk kegiatan pasar murah yang kita adakan sekarang ini, yang terselenggara atas dukungan dan peran serta berbagai pihak.

Dikatakan, pasar murah ini merupakan salah satu upaya untuk meringankan beban masyarakat terlebih pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, dimana harga barang-barang biasanya mengalami kenaikan.

Meski nilainya tidak seberapa, namun keberadaan pasar murah diharapkan bisa sedikit membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.
“Untuk itu, saya berharap keberadaan pasar murah ini benar-benar tepat sasaran, yaitu dibeli oleh warga masyarakat yang memang daya belinya relatif rendah, sehingga bisa membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai pasar murah ini justru menjadi ajang aksi borong segelintir orang, untuk kepentingan pribadi, sehingga mereka yang membutuhkan justru tidak kebagian,” tutur Yuli Hastuti.

Sementara itu Kabag Perekonomian Setda Bambang Susilo menjelaskan, sasaran pasar murah ini memang diutamakan untuk 500 warga kurang mampu dari 14 desa kelurahan terdekat dengan lokasi pasar murah.
Paling dekat Kelurahan Sindurjan dan terjauh Desa Bulus. Masyarakat kelas bawah kategori miskin itu mendapat vasilitas kupon foucher subsidi per orang Rp.50.000.

Menurutnya, pasar nurah ini untuk masyarakat dengan prioritas masyarakat yang tergolong miskin penerima PKH dengan mengacu data dari Dinsosdukkbpppa. Tujuannya untuk meringankan beban menghadapi lonjakan berbagai kebutuhan akibat naiknya kebutuhan bahan-bahan pokok menjelang Hari raya Idhul Futri.
“Komoditas yang disediakan antara lain LPG 3 Kg, Beras premium Ir 64, Gula Pasir, Telur, Minyak goreng, Bawang Merah, Bawang Putih, Kue kering, jajanan, Terigu, Sirup, dan pepes,” jelas Bambang Susilo. (A)

Tinggalkan Komentar