4 Pejabat Eselon 2 Dilantik, Bupati Heran Tiap Ada Lowongan yang Daftar Sedikit

PURWOREJO, Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM melantik dan mengambil sumpah empat pejabat tinggi pratama (eselon 2B) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo, Jumat (14/12) sore. Pelantikan yang digelar di Ruang Bagelen Gedung Setda itu berlangsung sederhana dan hidmat, dihadiri Wakil Bupati Yuli Hastuti, SH, Sekda Drs Said Romadhon dan sejumlah pimpinan OPD.
Keempat pejabat yang dilantik yaitu Agus Ari Setiyadi, S.Sos sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dr Sudarmi, Kepala Dinas Kesehatan, Gatot Suprapto, SH, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, dan Suranto, S.Sos, MPA, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.
Mereka menduduki jabatan eselon 2 setelah melalui serangkaian proses seleksi dalam lelang jabatan selama tiga bulan. Seleksi dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel) yang dibentuk oleh Bupati. Pansel beranggotakan sejumlah tokoh independen dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan.
Usai melantik, bupati menyatakan apresiasinya atas kerja Badan Kepegawaian Daerah dan Pansel yang telah berhasil melakukan lelang jabatan. Rekrutmen pejabat tinggi pratama diakui bupati tidak mudah.
Bahkan Bupati mengaku harus mendorong anak buahnya yang memenuhi syarat untuk mengikuti sekeksi. Padahal jabatan eselon 2 menurutnya merupakan jabatan bergengsi dan sebagai bukti berprestasi.
“Saya heran, tiap ada lowongan sedikit sekali yang mendaftar. Maju saja harus didorong-dorong. Apakah takut dan malu kalau tidak terpilih. Padahal tahun depan akan ada lelang 9 jabatan eselon 2,”kata Agus Bastian.
Menurut Agus Bastian, menduduki jabatan adalah kebanggaan keluarga. Pegawai yang bisa menduduki jabatan setingkat eselon 2 pasti memiliki kemampuan dan prestasi.
Terkait dengan tugas dan tanggung jawab, bupati minta agar pejabat yang dilantik harus mempunyai integritas pribadi dan mampu menjalankan visi misi kepala daerah, serta wajib nenyukseskan kerja pimpinan. (Nas)

Tinggalkan Komentar