270 Tenaga Wiyata Bakti Ikuti Seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru

PURWOREJO, Sebanyak 270 orang mengikuti seleksi kompetensi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Guru, di gedung SMP Negeri 2 Purworejo, Rabu (18/1). Mereka adalah para tenaga honorer atau wiyata bakti yang telah berpengalaman minimal tiga tahun.

Seleksi dibagi menjadi dua sesi yakni Rabu dan Kamis. Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti, SH monitoring  pelaksanaan seleksi kompetensi di Negeri 2 Purworejo, Rabu (18/1). Turut mendampingi Kepala BKPSDM Kabupaten Purworejo Fithri Edhi Nugroho, SE, MM, Tim Monitoring BKD Provinsi Jateng 

Wabup mengatakan, pelaksanaan seleksi adalah langkah untuk pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik di seluruh wilayah NKRI dengan berdasarkan undang-undang dan perlu untuk didukung oleh pihak-pihak terkait

Dikatakan seleksi kompetensi bagi PPPK JF Guru merupakan langkah strategis untuk pemenuhan kebutuhan tenaga pendidikan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana diamanahkan oleh undang-undang.

Keberhasilan pelaksanaan seleksi perlu didukung oleh pihak-pihak terkait sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

Fithri Edhi Nugroho saat memberi pengarahan

”Oleh karena itu, pelaksanaan Seleksi Kompetensi bagi PPPK JF Guru diharapkan dilaksanakan secara obyektif supaya didapatkan tenaga-tenaga pendidikan yang yang profesional,” tandasnya.

Wabup menegaskan seleksi PPPK JF Guru dilaksanakan dengan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme,  dan tidak dipungut biaya. 

Sedang tahapan seleksi pelamar PPPK JF Guru terdiri atas seleksi administrasi, seleksi kompetensi bagi pelamar PPPK JF  Guru dilakukan dengan menilai kesesuaian kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan  kompetensi sosial kultural. 

”Selain itu dilaksanakan seleksi wawancara dengan sistem CAT – UNBK, sehingga Bapak/Ibu nanti dapat mengerjakan langsung di komputer. Tetap tenang dalam mengerjakan ujian, semoga mendapat hasil terbaik dan dapat bermanfaat untuk Kabupaten Purworejo yang kita cintai ini,” pesannya.

Kepala BKPSDM Kabupaten Purworejo Fitri Edi Nugroho menjelaskan, peserta seleksi yang memenuhi syarat administrasi sejumlah 270 orang dan ikut seleksi umum atau P4 (Prioritas 4) di SMP Negeri 2 Purworejo. Setiap hari ada dua sesi dengan menggunakan empat ruang lab komputer masing masing kapasitas 20 peserta.

“Seleksi ini adalah sisa tahun 2022 yang baru dapat dilaksanakan tahun ini. Yang P1, P2 dan P3 sudah selesai tahun 2022 lalu,” ujar Fithri Edhi Nugroho, Kamis (19/1). (Nas)

Tinggalkan Komentar