Gedung Mal Pelayanan Publik Akan Diujicoba, 24 Gerai Siap Layani Masyarakat

PURWOREJO, Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) yang menempati lantai 1 kantor baru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, di komplek Gedung Setda Purworejo, dalam waktu dekat akan diujicoba. Setelah uji coba selama satu minggu, awal Februari mendatang akan dilakukan soft launching.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo, AP, MM menjelaskan, akhir Desember lalu pekerjaan MPP telah diserahterimakan dari pelaksana kepada Dinas PUPR.
“Kini 24 gerai pelayanan telah siap dioperasikan. Sebanyak 11 gerai dari OPD di lingkungan Pemkab Purworejo, 13 gerai lintas instansi termasuk BUMN dan BUMD,” jelas Agung kepada Purworejo News di ruang kerjanya, Rabu (12/1).
Dijelaskan, setiap gerai nantinya akan dilengkapi fasilitas komputer, pesawat telepon, meja kursi, printer, televisi dan sarana lain yang diperlukan. Fasilitas tersebut diharapkan bisa terpasang sebelum ujicoba.

Agung Wibowo, AP, MM

“Meski menggunakan dana APBD 2022, proses pengadaannya akan cepat karena pembeliannya menggunakan E-katalog,” terangnya.
Menurut Agung, pengoperasian MPP merupakan terobosan penting dalam pelayanan publik. Hal itu karena semua jenis pelayanan perizinan berada di satu tempat.
“Cerita tentang pelayanan perizinan yang mahal dan berbelit-belit tidak akan ada lagi. Di MPP, izin apa pun bakal cepat, mudah, murah dan transparan. Insyaallah sistem yang ada menjamin tidak ada pungutan liar,” kata Agung.
Menurut Agung, penambahan gerai masih dimungkinkan karena tersedia space, yaitu di sebelah utara bangunan MPP. Semua space itu disiapkan untuk perkantoran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Berbagai jenis perizinan dilayani di 24 gerai

Selain 24 gerai, kata Agung, juga disediakan back office, yakni ruang untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di gerai. “Jadi masalahnya tidak diselesaikan di gerai, karena bisa mengganggu pelayanan orang lain,” jelasnya.
Adapun instansi yang akan menempati gerai MPP yaitu Taspen, DPUPR, Dinperkimtan, Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan, Kantor Pertanahan, BP2MI, Dinhub, PDAM, Dinpertransnaker, Kantor Kemenag (termasuk ruang foto Haji).
DPMPTSP, KPP Pratama, BPJS Naker, BPJS Kesehatan, Dinkes, Bank Jateng, BPPKAD, Imigrasi (termasuk ruang foto paspor), DinKUKMP, Samsat, BRI, Polres (termasuk ruang test kesehatan & psikotes), Disdukcapil (termasuk ruang foto KTP)
Ruang tambahannya meliputi information centre, ruang server, laktasi, mini cafe, Display UMKM, ruang rapat, ATM centre, mini playground. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *