Renungan HUT Pramuka, Pram Prasetya: Di Masa Pandemi, Pramuka Harus Tetap Eksis

PURWOREJO, Acara Renungan dan Ulang Janji Pramuka dalam rangka peringatan HUT ke-60 Pramuka, di Sanggar Bakti Pramuka, Jumat (13/8) malam berlangsung khidmat dan syahdu. Peserta yang jumlahnya terbatas itu seperti terhanyut saat pembacaan Tri Satya dan Dada Dharma.

Upacara dipimpin oleh Ketua Kwarcab Drs Pram Prasetya Achmad, MM, dihadiri oleh hanya beberapa pengurus. Acara berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Purworejo, Drs Pram Prasetya Achmad, MM mengungkapkan, di masa pandemi ini Pramuka harus tetap eksis dan melakukan even-even baik rutin maupun insidental.

“Dengan tetap berkegiatan di masa pandemi, itu membuktikan kalau Pramuka jadi garda terdepan dalam menjaga patriotisme, nasionalisme dan kesadaran kebangsaan,” jelas Pram.

Ketua Kwarcab potong tumpeng tandai peringatan HUT Ke-60 Pramuka

Menurut Pram, saat ini di era pandemi,  tantangan pendidikan formal yaitu tidak bisa lagi maksimal menanamkan nasionalisme, kebangsaan dan patriotisme.

“Saya harap Pramuka tetap aktif melakukan kegiatan sosial seperti terlibat dalam menangani bencana, bakti sosial dan ikut dalam pengamanan,” kata Pram.

Sementara itu Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Purworejo, Dra Titik Mintarsih, MM mengatakan, peringatan HUT Pramuka di masa PPKM tidak harus mengutamakan kuantitas, melainkan kualitas.

“Gerakan Pramuka merupakan gerakan yang mengutamakan karakter yang setiap langkahnya bermakna,” tandasya. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *