Nakes di Purworejo Mulai Divaksin Dosis 3 Pakai Moderna yang Miliki KIPI Tinggi

PURWOREJO, Para nakes di Purworejo mulai divaksin dosis 3. Kali ini menggunakan vaksin Moderna. Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo telah menerima 180 vail, 1 vail untuk 14 orang sehingga total nakes yang akan divaksin dosis 3 sebanyak 2520 orang.

Kadinkes Kabupaten Purworejo Dr Sudarmi, MM menyebut vaksinasi kali ini dengan istilah klaster nakes. Vaksinasi dilakukan mulai hari ini, Jumat (13/8). Di RSUD Dr Tjitrowardojo, vaksin Moderna hari pertama diberikan kepada 84 orang dari 98 orang yang dijadwalkan.

Penanggungjawab Bidang Logistik Vaksinasi RSUD Dr Tijtrowardojo, Apt. Drs.Wasilin, M.Sc kepada PurworejoNews menjelaskan, total ada 546 nakes atau setara 39 vail di RSUD Dr Tjitrowardojo yang akan divaksin dosis 3.

Wasilin mengungkapkan vaksin Modern berdasarkan data yang diajukan ke Badan POM RI, memiliki Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang tinggi. Antara lain kelelahan, sakit kepala, menggigil, mual, serta kulit kemerahan.

“Dari beberapa pengalaman rumah sakit yang sudah menyelenggarakan Vaksin Moderna, gejala tersebut munculnya delay. Artinya bila divaksin siang, gejalanya akan muncul pada malam harinya,” ungkap Wasilin pada Jumat (13/8).

Apt. Drs.Wasilin, M.Sc

Ia menjelaskan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk penerima vaksin Moderna. Yakni sudah divaksin dosis lengkap minimal tiga bulan dari dosis 2. Bagi  mereka yang pernah terpapar Covid-19 minimal sudah sembuh selama tiga bulan sebelumnya.

Syarat lain yang cukup selektif yakni, peserta vaksin etiket datanya sudah bisa dibuka di aplikasi. “Di RSUD Dr Tjitrowardojo ada 86 nakes yang etiketnya belum bisa dibuka atau diakses. Sudah kami laporkan kepada pihak Pedulii Lindungi yang punya kewenangan dalam hal ini,” kata Wasilin.

Untuk menghindari terjadinya KIPI kepada nakes yang baru divaksin, pihaknya membagi peserta yang berasal dari beberapa unit. “Misal perwakilan dari unit IGD, perwakilan dari unit Laborat, sehingga bila muncul gejala KIPI pada peserta vaksin, pelayanan bisa tetap berjalan”.

Wasilin menyebut, para nakes  memang perlu diberi vaksin dosis tiga. Vaksin Moderna, menurutnya, merupakan booster atau penguat setelah vaksin dosis 2 yang dilakukan tiga bulan sebelumnya.

“Dalam jangka waktu tiga bulan antibodi mulai menurun, padahal nakes masih terus menangani pasien sehingga mereka butuh divaksin lagi dengan vaksin dosis 3 ini,” katanya.

Besok, kata Wasilin, vaksin kembali dilakukan untuk 126 nakes. Rencananya vaksin dosis 3 akan dilakukan setiap hari Jumat dan Sabtu. “Tapi nantinya kami evaluasi. Bila KIPI bisa diatasi, maka vaksin akan kami lakukan tidak hanya di hari Jumat dan Sabtu saja,” pungkasnya. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *