Peringati HUT Ke-60 Pramuka, Pengurus Kwarcab Ziarah ke Makam Tokoh Pramuka

PURWOREJO, Dalam memperingati HUT Pramuka ke-60, Kwartir Cabang Purworejo dipimpin Ketua Kwarcab Purworejo Drs Pram Prasetya Achmad, MM melakukan ziarah ke makam tokoh Pramuka Purworejo, Kamis (12/8). Ziarah diawali di TMP Projo Handoko Loyo, makam Bupati Cokronegoro 1 di Bulus dan berlanjut ke makam Tokoh Pramuka Purworejo.

Di antara tokoh Pramuka yang makamnya diziarahi yaitu Suparman, Drs H Istiharto, dan Sunaryo WD. Selama hidupnya, ketiganya dikenal sebagai pengurus dan pejuang di Kwarcab Pramuka Purworejo.

Ketua Kwarcab didampingi Waka Binamuda Soekso DM, S.Pd, Waka Humas Abdimas Drs Muh Wuryanto, MM, Waka Binawasa Dra Titik Mintarsih, M.Pd, Sekretaris Piyani, SPd, dan sejumlah pengurus Pramuka.

Pram mengatakan, ziarah ke makam tokoh Pramuka sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasanya di kepramukaan Purworejo.

Ziarah di TMP Projo Handoko Loyo

“Bahwa tokoh Pramuka telah mewarnai dan mengantarkan Gerakan Pramuka  Purworejo memiliki beberapa prestasi. Kita berharap, dengan melakukan ziarah kepada tokoh Pramuka Purworejo, kita bisa meneruskan cita-cita mereka dan meneladani serta bisa menjadikan motivasi kita untuk terus berkarya di Pramuka,” harap Pram.

Selain itu kata Pram, sangat penting ziarah di TMP karena Gerakan Pramuka memahamkan dan memiliki peran untuk melanjutkan perjuangan dalam rangka untuk membangun negara dan masa depan. Juga sebagai wujud menghormati dan menghargai jasa para pahlawan karena merekalah yang megantarkan negeri ini. 

“Kita bertekad untuk meneladani semangat kejuangan dan semangat pengorbanan. Inilah yang tidak mungkin ditanamkan dengan cara teoritis, namun dengan kita berziarah semangat  berjuang dan berkorban untuk bangsa bisa kita pahami,” kata Pram.

Ziarah ke makam Sunaryo WD di Plaosan

Sementara itu Soekoso DM menjelaskan, ziarah di sembilan makam yang merupakan tokoh Pramuka antara lain di makam Mranti, makam Kayulawang, makam Baledono, dan makam Plaosan. 

Selain ziarah, juga akan dilaksanakan rangkaian kegiatan yakni renungan dan ulang janji, upacara, penganugerahan tanda penghargaan, gerakan kebersihan lingkungan, dan bulan bakti pramuka. 

Soekoso mengajak generasi penerus Pramuka dan generasi muda bisa mewarisi semangat dedikasi para tokoh, supaya bisa menjadi contoh baik untuk anak muda. Dalam ziarah tersebut dilakukan upacara, doa bersama dan tabur bunga. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *