PPKM Diperpanjang Sampai 16 Agustus, Purworejo Masih di Level 4

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dari 10 hingga 16 Agustus 2021. Perpanjangan PPKM tersebut tertuang dalam Instruksi Bupati (Inbup) Nomer 5410/2021 tertanggal 10 Agustus 2021.

Sebelumnya, Mendagri mengeluarkan Instruksi Mendagri Nomer 30/2021 yang isinya antara lain daftar kabupaten kota yang masuk level 3 dan 4. Kabupaten Purworejo masih tertera di kelompok daerah level 4 bersama 16 daerah lain di Jawa Tengah.

Sementara itu beberapa daerah di Jateng yang semula berada di level 4, kini turun di level 3 seperti Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Magelang, Batang, dan Rembang.

Dalam Inbup 5410 seperti yang dirilis oleh Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo, Rita Purnama, SSTP, MM, Selasa (10/8) malam, ketentuannya hampir sama dengan Inbup sebelumnya.

Antara lain mengenai ASN dan Aparat Pemerintah Desa yang wajib jadi teladan dan pelopor dalam penerapan protokol kesehatan, baik di rumah Maun di kedinasan. Juga tidak boleh menyelenggarakan atau menghadiri kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Pasar tradisional beroperasi sampai pukul 15.00

“ASN tidak boleh melakukan kunjungan study banding ke luar daerah atau menerima kunjungan dari daerah lain,” demikian kutipan dalam Inbup.

Ketentuan lainnya juga masih tetap, seperti kegiatan belajar mengajar yang masih harus jarak jauh, kegiatan non esensial 100% work from home, kegiatan esensial 25% work from office dengan prokes ketat.

Selain itu, supermarket, pasar swalayan dan toko kebutuhan sehari-hari beroperasi maksimal pukul 20.00 dengan pengunjung maksimal 50% dari kapasitas. Pasar tradisional beroperasi hingga pukul 15.00 dengan pengunjung 50%.

Restauran, rumah makan dan kafe hanya menerima delivery/take away dan tak terima makan di tempat. Masjid dan tempat ibadah lain jumlah jamaah maksimal 25% atau 20 orang. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *