PPDB SMP 2021, SMP Negeri 4 Paling Banyak Peminatnya

PURWOREJO, SMP Negeri 4 Purworejo menempati urutan teratas jumlah pendaftar dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022, yakni 531 orang dari 256 daya tampung. Urutan kedua SMPN 10 (Grabag) dengan 514 dari daya tampung 256.

Selain itu, qda yang menarik dari PPDB SMP di Kabupaten Purworejo tahun ini. Sebagai sekolah paling favorit, SMPN 2 ternyata “kalah” dari segi jumlah pendaftar dibanding dengan “rivalnya” yakni SMPN 1.

Dari data yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan SMP pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olah Raga Kabupaten Purworejo, Drs Vrikly Widhi Dewanto, MM pada hari Jumat (25/6), dari 224 daya tampung yang disediakan di SMPN 2, jumlah pendaftarnya sebanyak 315 orang. Sedangkan SMPN 1 dengan daya tampung 192 diminati oleh 489 orang.

Sekolah lain yang terletak di tengah kota yakni SMPN 4 bahkan menjadi sekolah yang paling banyak diminati, yakni 531 orang dengan daya tampung 256. Itu berarti sekolah tersebut “menolak” sejumlah lebih dari dua kali daya tampung yang disediakan.

Kepala SMPN 4 Drs Eko Partono, M.M.Pd

“Prestasi” lain yakni SMPN 33 yang kali ini berhasil mengungguli “rival” terdekatnya yakni SMPN 15 yang sama-sama terletak di Kecamatan Banyuurip. SMPN 33 diminati 439 orang dengan daya tampung 192 siswa. Sedangkan SMPN 15 diminati 392 orang dengan daya tampung 160 orang.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Bidang Pendidikan SMP pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo Drs Frikly Widhi Dewanto, MM menyambut baik kondiai seperti itu. “Itu artinya terjadi dinamika,” ucapnya.

Secara terpisah, Kepala SMPN 4 Drs Eko Partono, M.M.Pd mengatakan, dipilihnya SMPN 4 oleh calon siswa karena secara geografis letaknya sangat strategis. Selain itu, menurutnya, juga tak lepas dari upaya timnya untuk membangun kepercayaan di masyarakat.

Hal senada juga diucapkan Kepala SMPN 33 Dr Nikmaturahmah, M.Pd. Dikatakan, tingginya peminat di SMPN 33 merupakan bukti bahwa upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk membentuk karakter siswa yang berbudi pekerti luhur dan berprestasi telah mulai dirasakan.

“Insya Allah kami akan mengemban amanah ini sebagai ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan,” pungkas Ketua MKKS SMP itu. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *