Belajar Teaching Factory, SMKN 1 Ambal Kunjungi SMK Pembaharuan dan SMK PN 2 Purworejo

PURWOREJO, Sebagai satu-satunya SMK di Purworejo yang memiliki Teaching Factory (Tefa) atau model pembelajaran berbasis produk, SMK Pembaharuan dan SMK PN 2 Purworejo mendapat kunjungan dari SMK Negeri 1 Ambal, Kebumen pada Kamis (22/4).

Kepala SMK Negeri 1 Ambal Kebumen Budiyanto, S.Pd, M.Eng hadir bersama Waka Humas dan Waka Sarpras beserta guru itu diterima oleh Kepala SMK Pembaharuan (PN) Sugiri, S.Pd, M.Pd dan Kepala SMK PN 2 Purworejo Rakhmi Widayati, S.Sos. Perintis Tefa yang juga mantan Kepala SMK Pembaharuan, Suhad, S.Pd, M.MPd serta waka kurikulum pun turut mendampingi.

Kepada tamunya Sugiri bertutur, Tefa di sekolahnya merupakan binaan PT Chemcho Harapan Nusantara Cikarang.

“Salah satu hasil kerja sama dengan PT Chemco adalah terbentuknya kelas industri Chemco. Pembelajarannya menggunakan kurikulum industri yang merupakan gabungan kurikulum nasional dan kurikulum PT Chemco,” ungkap Sugiri.

Saat meninjau ruang kelas industri

Melalui penerapan kurikulum tersebut para siswa diharapkan mampu melaksanakan pembelajaran praktek selayaknya di dunia industri. Menurut Sugiri, Tefa SMK Pembaharuan dan PN 2 Purworejo mampu memproduksi kanvas rem yang hasil produknya dikirim ke PT MMP untuk dirakit PT Chemco. Selanjutnya dipasarkan ke seluruh dunia.

Adapun Kepala SMK PN 2 Purworejo, Rakhmi Widayati, S.Sos, SMK Pembaharuan (PN) dan SMK PN2 Purworejo sudah melaksanakan harapan Dirjen Vokasi Kemendikbud, agar SMK sebagai sekolah vokasi mampu menjalin link and match yang ditindaklanjuti dalam bentuk pernikahan dengan Dudika dan melahirkan Tefa.

Hal itu dikuatkan dengan pernyataan Manager Tefa, Sri Harnani, S.Pd yang menyebutkan langkah aplikasi link and match yang telah dilakukan SMK Pembaharuan dan PN2 Purworejo untuk dapat memiliki Tefa.

Diantaranya, pembuatan kurikulum bersama dan mengirim siswa PKL dan magang ke PT Chemco. Juga adanya sertifikasi kompetensi untuk menunjukkan level kompetensi lulusan. “Yang terpenting yakni
penyerapan lulusan ke PT Chemco,” tegasnya.

Mendapat penjelasan tersebut, Kepala SMK Negeri 1 Ambal menyatakan puas dan ingin belajar banyak hal dari SMK Pembaharuan dan SMK PN 2 Purworejo agar dapat memiliki Tefa. (Dia)

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *