Peminat Tinggi, SSB Bogowonto Buka Kelas Khusus Pemain Putri

PURWOREJO, Emansipasi wanita saat ini tidak hanya sebatas pada perannya yang sama dalam hal jabatan dan pekerjaan saja,
tetapi juga dalam hal pemenuhan hobi atau olah raga. Salah satunya adalah olah raga sepak bola yang selama ini identik dengan olah raga milik laki-laki, ternyata mulai digandrungi kalangan remaja putri

Seperti di Purworejo, yakni dengan adanya sekolah sepak bola (SSB) putri, salah satunya SSB Putri Bogowonto. Eksis sejak Januari tahun 2020, SSB Putri Bogowonto (SSBPB) kini telah memiliki 21 anggota.

“Pada awal didirikan hanya 15 orang yang ikut. Tapi kemudian bertambah menjadi 21 orang,” kata pelatih SSB Putri Bogowonto, Adnan, saat ditemui di Alun-alun Purworejo, Selasa sore (20/4).

Dituturkannya, dari 27 SSB yang ada di Purworejo, SSB khusus putri hanya ada tiga, yaitu SSB Zico, SSB IM Purwodadi dan SSB Bogowonto. Untuk SSBPB Adnan membuka kelas U-16 yang sebagian besar merupakan siswi SMA dan sisanya siswa SMP. Sebagian mereka berasal dari luar Kecamatan Purworejo, seperti dari Bagelen, Loano, dan Purwodadi.

Latihan passing

Dalam semiggu mereka berlatih tiga kali yakni hari Selasa, Kamis, dan Sabtu di Alun-Alun Purworejo. Seperti tampak sore hari itu saat latihan, mereka begitu bersemangat meski masih dalam bulan puasa.

Adnan menjelaskan, SSBPB sengaja mematok peserta untuk U-16 dengan harapan mereka bisa berprestasi secara individu pada dua atau tiga tahun mendatang.

Meski baru setahun, sudah ada dua peserta SSBPB yang berprestasi, yakni Erlitha Eka Saputri (16) siswi kelas X SMKN 7 dan Khansa Naila Syakira (15) siswi kelas IX SMPN 2. Keduanya direkomendasikan mewakili Jawa Tengah pada ajang Piala U-17 piala Menpora Tahun 2022 mendatang.

Bahkan khusus untuk Naila akan diikutkan pada seleksi timnas U-16 sekitar bulan Agustus mendatang. “Naila memang sudah tercatat sebagai pemain sepak bola putri Jawa Tengah,” ujar Adnan.

Naila, ikut seleksi timnas U-16

Saat berlatih, Naila diikutkan dengan pemain putra. Ia tampak lincah dan bisa mengatur irama dengan baik.

Tidak hanya menjadi pemain bola. Diantara mereka juga ada yang memang berminat jadi penjaga gawang alias kiper. Yakni Febriana Setyaningrum. Siswi kelas IX SMPN 17 itu gemar menonton pertandingan bola melalui kanal YouTube. Bahkan ia memiliki kiper idola Satriatama dari Persebaya.

Ditandaskan Adnan, rata-rata peserta SSBPB mempunyai minat yang besar terhadap olah raga keras itu. Sebagian malah memiliki talenta yang terus berusaha diasah. Selain melalui latihan, mereka mendapatkan pencerahan teknik bermain bola dari kanal Youtube.

Adnan berharap akan ada lagi bibit pemain SSBPB yang berprestasi serta dapat menyetarakan level permainan dengan pemain putra. Para pemain sepak bola putri belia itu tampak enjoy dengan olah raga yang mereka tekuni tanpa rasa takut akan adanya stigma gender. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *