Hindari Golput, Siswa SMK PN dan PN 2 Ikuti Sosialisasi Pemilih Pemula

PURWOREJO, Untuk meningkatkan  pendidikan politik dan demokrasi bagi calon pemilih pemula, puluhan siswa SMK PN dan PN 2 Purworejo mengikuti sosialisasi pemilu bagi pemilih pemula. Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Pambudi, ST MT dan Komisioner Bawaslu Purworejo Abdul Aziz, S.Pd menjadi pemateri dalam acara yang diadakan di aula sekolah itu.

Kepala SMK Pembaharuan Purworejo Sugiri, S.Pd M.Pd menjelaskan, sosialisasi dimaksudkan untuk membekali para pemilih pemula yang sudah berumur 17 tahun untuk mempersiapkan diri mengikuti pemilu 2024. “Supaya mereka menjadi pemilih yang cerdas dalam menggunakan haknya dan tidak menjadi golput,” imbuhnya.

Acara yang diadakan Senin (12/4) itu merupakan kerjasama SMK PN dan PN 2 dengan Kesbangpol Kabupaten Purworejo. Kepala Kantor Kesbangpol Bambang Sadyo Hastono, MH juga turut hadir dalam acara yang berlangsung hingga siang hari itu.

Para pelajar yang nantinya merupakan calon pemilih pemula itu mendapatkan pencerahan tentang seluk beluk pemilu. Disampaikan oleh pemateri bahwa banyak pemilih pemula yang belum memiliki pemahaman dan informasi mengenai pemilu sehingga banyak diantara mereka hanya dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu.

Untuk itu diharapkan para pemilu dapat menggunakan hak pilihnya secara cerdas sesuai hati nurani dan nilai-nilai keadilan. Selain itu juga tidak mendukung tindak pidana pemilu. Hal itu karena pemuda memiliki peran penting dalam pemilu untuk mengawal demokrasi Pancasila untuk kelangsungan NKRI.

Para peserta tampak antusias mengikuti acara tersebut. Mereka juga mengikuti sesi tanya jawab seputar pelaksanaan demokrasi Pancasila beserta kendalanya termasuk tata cara pemilu dan golput. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *