Polres Purworejo Gelar Operasi Keselamatan Candi Selama 14 Hari

PURWOREJO, Dari bulan Januari hingga Maret laka lantas yang terjadi di Purworejo sebanyak 111 kejadian. Dari 111 kejadian itu, 124 orang mengalami luka ringan dan 18 orang meninggal. Adapun kerugian material senilai Rp 51 juta. Perbandingannya, tahun 2020 laka lantas sebanyak 164 kejadian dengan luka ringan 166 dan meninggal satu orang.

Sedangkan kerugian senilai Rp 56 juta. Itu berarti kejadian kecelakaan di Purworejo tahun 2021 di waktu yang sama mengalami penurunan sebesar 33 % dibanding tahun sebelumnya.

Pernyataan itu disampaikan Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, SIK SH MSi saat mempimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Keselamatan Candi, Senin (12/4). Operasi kali ini digelar selama 14 hari, yakni mulai tanggal 12 hingga 25 April.

Selain Polri, unsur lain yang terlibat dalam pelaksanaan operasi yakni àDinas Perhubungan dan TNI. Target operasi, ucap Kapolres, antara lain remaja kebut-kebutan, ormas maupun kelompok klub motor yang menimbulkan kerumunan, melawan arus, tidak menggunakan Helm SNI, pengemudi menggunakan HP.

Sasaran lainnya, pengemudi dan penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengemudi menggunakan narkoba, tukang parker liar, serta masyarakat yang tidak taat prokes atau tidak memakai masker saat berkendara.

Kapolres menyebutkan, sebanyak 84 personel Polres Purworejo yang diterjunkan dalam operasi yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang disiplin berlalu lintas.

Operasi keselamatan juga bertujuan untuk mematuhi himbauan pemerintah tentang protokol kesehatan sehingga dapat mencegah penyebaraan Covid-19. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *