Kapolres Ajak Toga dan Tomas Gaungkan Toleransi Antar Umat Beragama

PURWOREJO, Tokoh agama, ormas keagamaan dan seluruh komponen masyarakat harus bersatu, rukun, toleran, dan saling menghormati. Bila terjadi gesekan kecil di masyarakat harus segera diselesaikan. Pernyataan itu disampaikan   Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, S.I.K., S.H., MM di hadapan peserta silaturahmi bersama tokoh agama dan masyarakat (toga tomas), unsur FKUB, serta Forkompimda.

Dalam acara yang berlangsung Selasa (30/3) di aula Polres Purworejo itu, Kapolres mengungkapkan, sebagai bangsa yang majemuk dengan berbagai macam agama, suku, dan golongan dibutuhkan perekat untuk menyatukan perbedaan tersebut, yakni toleransi.

Untuk itulah Kapolres mengajak kepada para tokoh agama dan semua yang untuk mengajak kepada jamaahnya, umatnya, masyarakatnya untuk menjaga toleransi. “Sebentar lagi umat Kristiani akan melaksanakan perayaan Paskah. Umat Muslim juga akan melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan. Jadi mari kita saling menghormati keyakinan masing-masing,” himbaunya.

Rizal Marito juga menyatakan keprihatinannya atas aksi ledakan bom bunuh diri di Makassar. “Aksi terorisme dan bunuh diri tidak diajarkan oleh agama apapun. Mari kita cegah perbuatan tersebut, khususnya di wilayah Purworejo,” tegasnya.

Ia juga berharap agar semua pihak  menggunakan media sosial secara bijak. Hal tersebut  mengingat saat ini banyak kelompok yang memanfaatkan media sosial untuk menghasut dan menimbulkan kebencian serta propaganda. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *