Tanamkan Nilai Budaya, Siswa SDKUB Muhammadiyah Belajar Membatik

PURWOREJO, Sekolah di SD Kepemimpinan Umat dan Bangsa (SDKUB) Muhammadiyah Purworejo memang memiliki keunggulan tersendiri. Selain memiliki ekstra kulikuler berkuda yang sangat jarang dimiliki oleh SD swasta maupun SD negeri, SDKUB juga menerapkan sekolah alam, termasuk mengenalkan budaya Indonesia.

Salah satunya dengan mengenalkan budaya batik kepada muridnya. Seperti yang dilakukan pada hari Selasa (23/3) yakni mengunjungi sentra pembuatan batik di Batik Dewa Desa Loano, Kecamatan Loano.

Sebanyak 24 murid kelas 1 dan 2 serta orang tua murid terlihat antusias ketika mendapat penjelasan tentang filosogi batik dari pemilik batik. Apalagi saat mereka diberi kesempatan mencoba membatik dengan memakai canting menggunakan malam atau lilin cair.

Enam guru pembimbing pun ikut seru membatik. Juga orang tua yang turut dalam kegiatan yang berlangsung sekitar tiga jam itu. Mereka membatik secara bergantian pada sehelai kain.

Siswa-siswi SDKUB Muhammadiyah ramai-ramai belajar membatik

Kepala SDKUB Muhammadiyah, Eko Nurrahmad, S.Pd menjelaskan, kegiatan itu dilakukan untuk mengenalkan batik sejak dini kepada siswa.

“Sebagai warisan budaya Indonesia, kami mengenalkan batik kepada anak didik supaya mereka mencintai produk yang selama ini menjadi kebanggaan kita,” ucap Eko.

Selain itu kegiatan tersebut juga menginspirasi adanya wacana SD KUB membuat batik khas untuk seragam siswa dan guru.

Disamping kegiatan membatik, selama jeda semester SD KUB juga melakukan kegiatan lain. Yakni KUB Coloring, berupa kegiatan mewarnai botol oleh siswa. “Hari ini KUB Membatik. Besok KUB Menanam. Sedangkan Hari Kamis dan Jumat kami mengadakan ujian Tahfidz. Adapun hari Sabtu pembagian hasil UTS,” terang Eko. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *