20 Hari Operasi Sikat Jaran Candi, Polres Purworejo Berhasil Ringkus 7 Pencuri Motor

PURWOREJO, Selama Operasi Sikat Jaran Candi 2022 Polres Purworejo berhasil meringkus tujuh tersangka pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Selain itu terdapat delapan tempat kejadian perkara yang berbeda di wilayah hukum Polres Purworejo. Diantaranya di Desa Munggangsari Bruno, Desa Wingko Sanggrahan, Perum Korpri Sucen, Kos Bu Temy Gang Afrikan Kecamatan Purworejo, dan di Kelurahan Baledono.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolres Purworejo AKBP Muhammad Purbaja dalam konferensi pers secara serentak dan online di Polres Magelang, Senin (26/9). Dijelaskannya,
Operasi Sikat Jaran Candi 2022 berlangsung mulai tanggal 25 Agustus sampai 13 September.

“Selama 20 hari tersebut Polres Purworejo berhasil mengungkap delapan perkara pencurian dengan pemberatan dan menangkap tujuh tersangka,” kata Kapolres. Selain itu jajarannya juga melakukan penyitaan barang bukti berupa 10 unit sepeda motor berbagai merk.

Salah seorang yang motornya berhasil ditemukan, yakni Amad Sodri (49) warga Desa Wonotulus menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Polres Purworejo. “Terima kasih, karena kinerjanya Polres Purworejo dapat mengungkap pelaku pencurian sepeda motor milik saya hingga sudah kembali,” katanya saat menerima motornya yang sempat raib.

Kapolres Purbaja menyerahkan motor salah satu warga yang sempat hilang

Lebih lanjut Kapolres Purbaja menyebutkan, para pelaku melakukan pencurian sepeda motor dengan cara merusak lobang kontak dengan kunci palsu sepeda motor yang diparkir. Juga dengan cara merusak kabel sepeda motor.

Untuk itu Kapolres mengingatkan kepada pemilik sepeda motor untuk tidak memarkir kendaraan sembarangan. “Parkir sembarangan juga menjadi penyebab mudahnya pelaku mengambil sepeda motor milik korban,” katanya.

Kapolres pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas. Menurutnya, akan terasa berat bila hanya mengandalkan Polres Purworejo mengingat luasnya Kabupaten Purworejo dan terbatasnya personel Polres. (Dia)

Tinggalkan Komentar