176 Angkatan Kerja Ikuti Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi

PURWOREJO, Balai Latihan Kerja UPT Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo kembali membuka pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi dana APBN tahun 2019. Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto, SH, Selasa (2/7).

Pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi angkatan ke III sebanyak 11 paket dengan jumlah peserta 16 orang per paket dengan rincian 8 paket pelatihan Institusional dan 3 paket pelatihan Non Institusional ( MTU) diikuti oleh warga masyarakat Kabupaten Purworejo.

Adapun kejuruan meliputi Pembuat Roti dan Kue dilaksanakan di Desa Semawung Kembaran, Kecamatan Kutoarjo, Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Konvensional dilaksanakan di UPT BLK, Teknisi Telepon seluler (2 Paket) dilaksanakan di Desa Plipiran, Kecamatan Bruno dan di UPT BLK.

Kejuruan Pengoperasian Mesin Bubut dilaksanakan di UPT BLK, Mengerjakan Finishing Dengan Teknik Semprot dilaksanakan di UPT BLK, Menjahit Pakaian Sesuai Style dilaksanakan di UPT BLK, Teknisi Refrigerasi dilaksanakan di UPT BLK, Pengelolaan Administrasi Perkantoran dilaksanakan di UPT BLK, Juru Las I SMAW dilaksanakan di UPT BLK, dan Tata Rias dilaksanakan di Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo.

Untuk pelaksanaan, Kejuruan Pembuat Roti dan Kue, Tata Rias dan Teknisi Telepon Seluler yang dilaksanakan tanggal 3 Juli – 25 Juli 2019 ( 20 hari )/ 160 Jam Pelajaran (JP).

Kejuruan Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Konvensional dimulai tanggal 3 Juli – 31 Agustus 2019 (25 hari)/200 JP, Teknisi Telepon seluler 3 Juli – 6 Agustus 2019 ( 30 hari)/240 JP, Pengoperasian Mesin Bubut, Kejuruan Mengerjakan Finishing dengan Teknik Semprot, Pengelolaan Administrasi Perkantoran, dan Menjahit Pakaian sesuai Style dimulai tanggal 3 Jul – 12 Agustus 2019 (35 hari)/280 JP.

Sementara kejuruan Teknisi Refrigerasi dimulai tanggal 3 Juli – 19 Agustus 2019 (40 hari)/320 JP, dan Juru Las I SMAW dimulai tanggal 3 Juli – 24 Agustus 2019 (45 hari)/360 JP.

Kegiatan tersebut bertujuan Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas Tenaga Keja di Kabupaten Purworejo, dan dengan harapan setelah selesai mengikuti Pelatihan ketrampilan mempunyai skiil sehingga mampu bersaing di pasar kerja yang pada akhirnya bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Purworejo.

Dalam kesempatan itu Kepala BLK UPT Dinperinaker, Sudarman, S.Sos berpesan agar para peserta memperhatikan arahan dari instruktur sehingga dapat menyerap ilmu nya.

“Setelah pelatihan ini saya berharap para peserta dapat mengembangkan usaha produktif sesuai bidang, jenis usaha masing masing. Dan yang ingin bekerja pada perusahaan, sertifikat kompetensi dapat dijadikan pembuktian bahwa yang bersangkutan telah memiliki kemampuan, ketrampilan bi dangnya, ” kata Sudarman. (W5)

Tinggalkan Komentar