16 Guru Penggerak Tingkat SMA di Purworejo Diangkat Jadi Kepala Sekolah se-Jateng

PURWOREJO, Terhitung sejak tanggal 12 Juli lalu, 16 peserta Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 2 tingkat SMA di Kabupaten Purworejo diangkat menjadi kepala sekolah di berbagai wilayah di Jawa Tengah. Mereka terdiri atas tiga guru dari SMAN 1, satu dari SMAN 2, dua dari SMAN 3, dua dari SMAN 4, dua dari SMAN 5, satu dari SMAN 7, empat dari SMAN 9, serta satu dari SMAN 11.

Salah satu peserta PGP dari SMAN 1, Erna Umu Nurlaela yang kini menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Pejagoan Kebumen menjelaskan, semula para peserta PGP tersebut merupakan guru yang mengikuti program peningkatan kapasitas dengan mengikuti pelatihan selama sembilan bulan.

“Di tengah jalan, Mendikbudristek Nadiem Makarim menerapkan Permendikbudristek Nomor 40 tahun 2021 tentang peraturan tugas guru sebagai kepala sekolah,” jelas Erna kepada Purworejo News, Senin (18/7) petang.

16 guru peserta PGP Purworejo yang jadi KS SMA di Jawa Tengah

Peraturan tersebut, lanjut Erna, merupakan pengganti Permendikbud Nomor 6 tahun 2018 yang mengatur tentang regulasi yakni semua peserta PGP punya kesempatan untuk mengikuti seleksi menjadi kepala sekolah. “Hal itu karena tidak ada lagi program diklat khusus bagi kepala sekolah,” lanjut Erna.

Tentu saja hal tersebut menjadi berkah bagi para peserta PGP Angkatan 2. Erna menambahkan, selain 16 peserta PGP, ada dua guru yakni dari SMAN 7 dan SMKN 7 yang menjadi kepala sekolah melalui seleksi susbstansi.

Seperti peserta lainnya, Erna berharap dirinya dapat mengemban amanah yang diberikan Kemendikbudristek melalui Dinas Pendidikan Peovinsi Jawa Tengah. Hal itu menurutnya juga sebagai uji kemampuan dan aplikasi dari ilmu yang telah didapat sebelumnya. (Dia)

Tinggalkan Komentar