Semua Obwis di Purworejo Tutup, Pelanggar Akan Dikenai Sanksi

PURWOREJO, Selama libur Natal dan Tahun Baru terhitung sejak hari ini, tanggal 24 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 seluruh obyek wisata (obwis) di Kabupaten Purworejo ditutup alias tidak menerima pengunjung. Saat ini ada sekitar 50 obwis yang ada di Purworejo, baik yang dikelola Pemda, Pokdarwis maupun masyarakat.

Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Agung Wibowo AP, MM, Kamis (24/12), menjelaskan, penutupan obwis didasarkan pada Surat Edaran Bupati Nomor 443/8800/2020 tentang Langkah Antisipatif Pengendalian dan Pencegahan Kasus Covid-19 pada Perayaan Libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Bagi pengelola yang melanggar aturan tersebut Agung mengatakan, akan ada sanksi berupa peringatan . Adapun langkah tegas selanjutnya dilihat dari urgensinya. Untuk itu pihaknya bekerjasama dengan Satgas Covid-19 kecamatan dan Satpol PP melakukan patroli ke obwis yang ada.

Agung menyebut obwis di Purworejo itu ada yang dikelola oleh Pemda, desa, maupun pokdarwis. Dari sekitar 50 obwis itu, lanjut Agung, hanya ada empat obwis yang bertiket, yakni Pantai Jatimalang, Gua Seplawan, Geger Menjangan, dan Kolam Renang Arta Tirta. “Itu yang dikelola oleh Pemda. Lainnya dikelola oleh desa maupun pokdarwis,” kata Agung.

Seperti yang terlihat di Obwis Geger Menjangan, obwis alam itu tutup sejak pukul 08.0. Di depan loket pembelian tiket masuk terbentang spanduk warna kuning bertuliskan Obyek Wisata Tutup mulai 24 Desember sampai 4 Januari 2021.

Di dalam loket terdapat seorang petugas tiket, Eka, yang menjaga sejak pagi hingga sore. Menurut Eka ada sejumlah pengunjung yang kecelik, mengira obwis Geger Menjangan buka seperti biasa. (Dia)

Tinggalkan Balasan