Pengetan Jumenengan RAA Cokronegoro I Digelar Besok Malam di Pendopo

PURWOREJO, Pemerintah Kabupaten Purworejo kembali akan menggelar acara Pengetan Jumenengan RAA Tjokronegoro I sebagai Bupati Purworejo, Selasa (27/2) malam. Selain kegiatan utama, juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan pendukung seperti pameran potensi daerah, pertunjukan seni dan lain-lain

Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo, Agus Ari Setiadi, menjelaskan, acara jumenengan akan dimulai dengan memainkan kesenian karawitan mulai Selasa (27/2) pagi di Pendopo Kabupaten. Berbarengan dengan berbunyinya karawitan, mulai digelar pameran potensi Purworejo yang akan berakhir hingga 1 Maret.

Selasa malam di Pendopo mulai pukul 19.30 digelar acara Pengetan Jumenengan RAA Cokronegoro I. Acara itu disetting menyerupai acara jumenengan yang sesungguhnya. Seluruh pejabat yang hadir mengenakan busana Jawa Bagelen.

Beda dengan pengetan tahun lalu, tahun ini pembacaan riwayat RASA Cokronegoro I dilakukan oleh petugas. Sedangkan tahun lalu dan sebelumnya riwayat hidup RASA Cokronegoro I dibacakan oleh ahli waris.

Dalam prosesi jumenengan akan ditampilkan tari Bedayan Jumenengan, Tari Keprajuritan dan Sendratari Potensi Purworejo. Acara diakhiri dengan meninjau stan pameran.

Pada tanggal 28 Februari, diisi dengan pentas kuda lumping pada sore hari dan fashion show (lomba busana batik) pada malam harinya. Sedangkan tanggal 1 Maret, dilaksanakan seminar kearispan pada pagi hari dan pentas kesenian topeng ireng pada sore harinya. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *