Pembangunan Kawasan Wisata Pantai Jatimalang Akan Dilanjutkan

PURWOREJO, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo akan melanjutkan pembangunan kawasan wisata Pantai Jatimalang untuk tahap II senilai Rp 2, 2 miliar. Anggaran tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) karena pada tahun 2019 ini tidak ada dana dari APBD.

“Karena untuk tahun 2019 ini APBD terserap untuk pembangunan lainnya seperti Rumah Sakit tipe C yang lebih dibutuhkan masyarakat, maka pembangunan kawasan pantai Jatimalang menggunakan anggaran dari pusat,” kata Kepala Dinparbud Purworejo Agung Wibowo, AP, Rabu (30/1).

Dijelaskan, dalam tahap ke-2 ini untuk melanjutkan vegetasi taman, penataan parkir, landscap, gasibu, jalur pejalan kaki dan pembuatan taman di patung Dewa Ruci.

“Rencananya pertengahan bulan Februari 2019 sudah mulai proses lelang, tapi kapan mulai pengerjaanya masih menunggu petunjuk teknis dan pelaksanaan. Targetnya bulan November 2019 pembangunan tahap II sudah selesai,”jelas Agung.

Lanjut Agung, untuk pembangunan tahap III tahun anggaran 2020 sebesar Rp 7,5 miliar dari APBD untuk melanjutkan 26 kios kuliner dan 4 WC komunal, penataan parkir dan vegetasi.

Disebutkan, selain pembangunan kawasan wisata Pantai Jatimalang, proyek lain yang mendapat bantuan anggaran dari DAK meliputi Museum Tosan Aji sebesar Rp 500 juta, pengelolaan kapasitas sumber daya manusia Museum Tosan Aji sebesar R p 900 juta dan Goa Splawan Rp 500 juta.

“Untuk tahun 2019 yang dianggarkan APBD meliputi revitalisasi Gedung Wanita 2 lantai sebesar Rp 19 miliar dan penataan Art Center Museum Tosan Aji Rp 800 juta,”sebut Agung. (W5)

Tinggalkan Balasan