Karnaval Agustusan Tahun Ini Akan Dibuat Berbeda, Ini Penjelasan Dinparbud

PURWOREJO, Sejumlah kegiatan akan digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo untuk memeriahkan HUT RI ke- 74. Diantaranya, karnaval kelompok bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2019 pagi dengan diikuti 21 peserta KB dan 45 TK.

“Di hari yang sama pada sore harinya dilaksanakan karnaval untuk SD, SMP dan MTs dengan dikuti 13 peserta SD dan 20 peserta SMP/MTs,”jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo AP, dalam jumpa pers di Pers Center Setda Purworejo, Jumat (9/8).

Untuk rute karnaval TB dan TK start lapangan Garnizun -melalui pintu barat-ke arah selatan Jalan Mayjen Sutoyo (depan masjid agung) ke kiri Satlantas masuk kantor Setda sebelah barat depan tamu undangan (pendopo kantor Bupati) keluar melalui pintu timur kartor Setda dan finish di depan SD Maria.

Sedang rute untuk karnaval SD/MI, SMP MTs, start di lapangan Garnizun
(Masuk malaui pintu barat keluar pinta utara JI Pahawan ke timur-perempatan Gedung Kesenan, belok ke kanan arah selatan perempatan BRI ke kanan-Jalan Dr Setiabudi (depan Pendopo), Jalan Mayjen Sutoyo (depan masjid Agung) ke kiri, Jalan Prokamasi (panggung kehomatan) ke kanan Jalan Jenderal Urip Sumoharjo depan DPRD ke kanan Jalan Ki Mangun Sarkoro depan SMAN 7-ke kanan Jalan Mayjen Sutoyo (Dindikpora) ke kiri Jalan Kartini-ke kanan Jalan Dewi Sartika-ke kanan Jalan Dr Setiabudi (SMK Penabur) ke kiri Jalan Mayje Sutayo ke utara dan Finish di Garnizun.

Sementara karnaval umum akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2019 dengan rute, start dari lapangan Garnizun (masuk pintu barat keluar pintu utara)-Jl. Pahlawan ke timur – perempatan Gedung Kesenian-belok kanan arah selatan-perempatan BRI-ke kanan Jl. Dr Setiabudi (depan pendopo)-Jl. Mayjen Sutoyo (depan masjid agung)-ke kiri Jl. Proklamasi (panggung kehormatan).

Jalan Jendral Urip Sumoharjo-depan DPRD-Jl. Mangun Saskoro depan SMAN 7-Jl. Mayjend Sutoyo (Dindikpora)-Jl. Kartini-Jl. Dewi Sartika-Jl. Setia Budi (SMK Penabur)-ke kiri Jl. Mayjen Sutoyo ke utara-Stasiun-depan Pasar Suronegaran-Jl. Jendral Urip Sumoharjo (KPPN)-perempatan Tegalsari-Jl. Veteran-perempatan pos polisi tugu-Jl. Ahmad Yani (depan pasar Baledono)-Buh Penceng belok kanan Jl. Kolonel Sugiono-perempatan mickey mouse ke kiri- toko Lusani ke kanan dan finish di Gedung Kesenian.

“Dan puncaknya akan digelar Grebeb Kamardikan dan Carnival,” tandas Agung Wibowo.

Disebutkan, untuk Grebeg Kamardikan akan diikuti oleh 12 kelompok dari SMA/SMK di Purworejo dengan tema kepahlawanan baik pahlawan nasional maupun tokoh yang ada di Kabupaten Purworejo.

Untuk Carnival akan disajikan secara berbeda dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya Carnival hanya dipusatkan di tengah Alun-alun, untuk kali ini para peserta akan dilepas dari Pendopo Kabupaten.

Selepas dari pendopo, para peserta akan dibagi dua jalur, ke barat dan timur. Peserta Carnival juga tidak melewati rute jalan raya namun menyusuri trotoar Alun-alun Purworejo ke arah selatan.

“Sengaja melewati trotoar untuk memberi space yang aman bagi peserta karena penonton berada di jalan raya,”ucap Agung Wibowo.

Agung menambahkan, sebagai penutup rangkaian kegiatan pada tanggal 14 September 2019 pukul 09.00 WIB di Alun-alun Purworejo akan diadakan tarian Dolalak massal dengan melibatkan 5.000 penari dan pada malam harinya di Amphitheater Alun-alun Purworejo akan digelar kegiatan event bersama se-eks Karesidenan Kedu. (W5)

Tinggalkan Balasan