Akan Jadi Arena Festival Dolalak, Warga Kalirejo Bersihkan Obyek Wisata Gunung Agung

BAGELEN, Jelang pelaksanaan Festival Dolalak di obyek wisata alam Gunung Agung, Desa Kalirejo, Kecamatan Bagelen, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dadio Muncar bersama Karang Taruna, PKK dan sejumlah relawan lintas komunitas menggelar acara bersih-bersih di lokasi tersebut, Minggu (21/7).
Ketua pokdarwis Dadio Muncar Desa Kalirejo, Yulia Paksi Widayanto, menjelaskan, kegiatan kerja bakti bersih-bersih untuk persiapan menyambut acara
Festival Ndolalak Dari Dinas Pariwisata Purworejo. Menurut rencana festival akan dilaksanakan pada 12-13 Agustus 2019 mendatang.
Diungkapkan, wisata alam Gunung Agung pada mulanya dikemas sebagai wisata edukasi. Sekarang dikembangkan tidak hanya wisata alam, tapi juga untuk wisata outdor area seperti untuk lokasi cam area.

“Sudah pernah juga dicoba untuk wisata refling dari atas ketinggian 100 meter,”jelasnya

Menurutnya, pengembangan wisata itu selain dilaksanakan oleh pokdarwis, juga karang taruna, Ibu- ibu PKK dan masyarakat sekitar. Pemdes Kalirejo juga dinilai sangat mendukung.
Sementara itu Kepala Desa Kalirejo, Sarjono, mengatakan, tujuan awal pengembangan wisata alam Gunung Agung yaitu untuk menyelamatkan gunung dari para penambang. Hal itu karena sudah banyak penambang yang datang untuk menawar Gunung Agung untuk ditambang.
“Jika Gunung Agung ditambang saya khawatir berdampak buruk bukan saja terhadap arealnya, tapi juga terhadap masyarakat sekitar. Makanya sebisa mungkin tetap dijaga dan dilestarikan,”pungkasnya. (W)

Tinggalkan Balasan