Wifi Dipasang di Shelter Kuliner Kutoarjo, Bisa Diakses 30 Orang Sekaligus

KUTOARJO, Mengawali tahun 2021, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Purworejo memasang fasilitas free wifi di shelter Kuliner Kutoarjo pada Jumat (5/2) lalu. Pemasangan saluran internet gratis di wilayah publik itu dipimpin langsung oleh Plt Kadinkominfo Stefanus Aan Isa Nugroho.

Aan mengatakan, kecepatan rata-rata internet gratis itu adalah 5 MBps di tiap titik hotspot. Pada waktu-waktu tertentu kecepatannya bahkan bisa sampai 10 MBps. Dengan fasilitas itu, ada sekitar 20 hingga 30 orang yang bisa menikmati jnternet gratis dalam jangka waktu bersamaan.

Terkait pemasangan yang sudah dilakukan, Aan mengatakan, pihaknya akan mengkaji apakah akan dinyalakan atau tidak. “Menunggu koordinasi dengan Satgas,” ucapnya. Seperti halnya kondisi wifi di kuliner Purworejo yang sudah dipasang sejak diresmikan.

Stephanus Aan

Hanya yang berada di kawasan alun-alun Purworejo saja yang wifi-nya dimatikan sementara karena pandemi Covid-19. Nantinya, lanjut Aan, akan dikaji khusus apakah akan dinyalakan lagi. Pada prinsipnya, menurut Aan, wifi publik adalah untuk mendukung sektor perekonomian lokal khususnya di shelter kuliner.

Hingga saat ini, ungkap Aan, di Purworejo sudah dipasang total 149 titik wifi. Meliputi perkantoran, layanan publik, public space seperti alun-alun, taman kota, dan beberapa lokasi strategis lainnya. Tujuannya, yakni agar masyarakat dapat menikmati internet khususnya di area publik yang dimiliki Pemkab.

Tahun 2021 ini, jelas Aan, pihaknya belum akan banyak menambah titik hotspot. Hal ini karena di tahun 2021 akan disusun master plan smart city yang didampingi oleh Kementerian Kominfo RI. “Jadi akan lebih selaras pengembangan infrastruktur TI yang akan disesuaikan dengan hasil master plan,” pungkasnya. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *