Malaria Menyerang Lagi, 5 Warga Kedungpoh Dirawat di RSUD Dr Tjitrowardojo

LOANO, Lima warga RT 01 RW 05 Desa Kedungpoh, Kecamatan Loano, terserang penyakit malaria. Mereka ialah, If Fitri (38), Tri Yanuar (40), Giyatri, Ulil, dan anaknya yang masih berusia 8 bulan. Kelima korban kini masih dirawat di RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo. 

Tri Yanuar saat ditemui di Ruang Campaka menuturkan, awalnya hari Selasa (23/1) lalu semalaman tubuhnya menggigil kedinginan. Tubuhnya juga lemas. Esok harinya berusaha diredakan dengan cara kerokan.

“Saya kira masuk angin karena sebelumnya saya ikut kerja bakti dan kehujanan, “kata Tri Yuniar, Kamis (1/2).

Karena tak kunjung sembuh akhirnya Tri berobat ke seorang mantri. Tapi karena tidak sembuh juga ia kemudian berobat ke Puskesmas Loano.

Diceritakan, setelah mendapat perawatan dan pemeriksaan medis baru diketahui ternyata Tri menderita sakit malaria. Hari itu juga Tri disarankan rawat inap di Puskesmas Loano sambil menunggu hasil laboratorium.

Dari hasil laboratium Tri dinyatakan positif malaria kemudian dirujuk ke RSUD Tjitrowardoyo Purworejo.

Selain dirinya, kata Tri, If Fitri istrinya, juga mengalami hal sama. Bahkan istrinya sudah lebih dulu mengeluh badannya merasa tidak sehat tapi tidak tahu sakit apa.

“Gejalanya sama, menggigil kedinginan, panas, mual dan merasa lungkrah lesu, “terang Tri.

Menurut Tri, kondisi istrinya sampai sekarang masih merasa lemas dan lungkrah. Kondisi serupa juga dialami oleh Giyatri, Ulil dan anaknya yang dirawat terpisah dari Tri dan istrinya.

Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, Triyo Darmaji, SKM membenarkan adanya 5 penderita malaria di Kedungpoh.

“Sudah kami lakukan pengambilan darah masal dan sudah pembagian kelambu sebanyak 135 buah kelambu,”jelas Triyo Darmaji, Kamis (1/2) malam. (W5)

Dijelaskan, Rabu kemarin dan Kamis siang pihaknya juga telah melakukan pengambilan jentik nyamuk. Bahkan rencananya tanggal 12 dan 13 malam akan dilakukan penangkapan nyamuk. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *