Termasuk Pasar Purworejo, Bupati Resmikan 17 Proyek Tahun 2020 Senilai Rp 85 M

PURWOREJO, Bupati Purworejo RH Agus Bastian, SE, MM meresmikan secara simbolis 17 proyek tahun 2020 Kabupaten Purworejo, Kamis (4/2). Peresmian proyek senilai total Rp 85.011.823.337 yang dipusatkan di Pasar Purworejo itu, dihadiri Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH, Ketua DPRD Dion Agasi Setyabudi, S.Ikom, M.Si, unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah terkait, pimpinan BUMD, penyedia barang/jasa konstruksi dan tokoh masyarakat.

Bupati menegaskan, pemerintah tetap akan melanjutkan proyek infrastruktur prioritas meski di tengah pandemi Covid-19 yang penyebarannya semakin masif. “Sebab pembangunan infrastruktur bertujuan untuk kebutuhan jangka panjang masyarakat,” tegasnya.

Disebutkan, sebagian besar proyek pembangunan tahun 2020 berupa peningkatan dan pemeliharaan jalan. Menurut Bupati, insfrastruktur merupakan urat nadi untuk menghubungkan kawasan produksi dengan distribusi, mempermudah akses ke kawasan wisata, serta membuka lapangan kerja baru.

Bupati mendengarkan penjelasan Kadin PUPR dan Sekda tentang Pasar Purworejo

“Namun tahun 2020 menjadi tahun yang sangat tidak terprediksi setelah pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi ini memaksa semua level pemerintahan baik pusat dan daerah untuk melakukan koreksi terhadap rencana pembangunan yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Terkait pandemi Covid-19, ia meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, meski vaksinasi Covid-19 sudah mulai dilaksanakan. ”Untuk itu kita turut sukseskan Gerakan Jateng di Rumah Saja pada tanggal 6 dan 7 Februari mendatang dengan tetap berada di rumah masing-masing,” pesannya.

Terkait 17 proyek yang dirampungkan pada Tahun anggaran 2020, Kepala Dinas PUPR Suranto secara terpisah mengatakan, dari 17 proyek tersebut, 13 diantaranya merupakan proyek yang dikerjakan Dinas PUPR, termasuk Pasar Purworejo yang menelan anggaran Rp 33.236.142.000. “Adapun total nilai 13 proyek itu sebesar Rp 76.242.720.400,” jelas Suranto.

Bupati didampingi Suranto tinjau Pasar Purworejo usai diresmikan

Sedangkan empat proyek lainnya, ditangani oleh OPD Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dua pekerjaan yang berlokasi di Jatimalang,
Dinas Kesehatan satu pekerjaan yakni penambahan gedung Puskesmas Winong. Serta Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja satu pekerjaan berupa pembangunan Gedung Dekranasda.

Sedangkan Kepala Dinas KUKMP Bambang Susilo menyebut, pasar baru akan dapat beroperasi pada semester tiga atau sekitar bulan September.

“Nantinya ada sekitar 1.200 pedagang yang akan menempati kios, maupun los, yang merupakan pedagang yang selama ini berjualan di Pasar Suronegaran,” ucapnya. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *