Tanah Longsor Tutup Sejumlah Ruas Jalan di Tiga Kecamatan

KALIGESING, Hujan deras disertai angin kencang di beberapa wilayah di Kabupaten Purworejo, Senin (11/1) malam mengakibatkan tanah longsor disertai pohon tumbang di sejumlah desa. Seperti yang terjadi di Kecamatan Kaligesing, tanah longsor menimpa Dusun Malingmati, Desa Kaliharjo, Kecamatan Kaligesing, sekitar pukul 00.00.

Longsoran tanah menutup ruas jalan provinsi sehingga akses dari dan ke Purworejo tertutup. Namun kemacetan tidak berlangsung lama karena tim BPBD, Koramil, Polsek dan warga setempat langsung turun tangan menyingkirkan material longsoran.

“Di Kaligesing tanah longsor terjadi di 10 titik dan semuanya sudah kami atasi,” jelas Iman Tjiptadi, Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Purworejo, Selasa (12/1).

Longsor juga terjadi di ruas jalan Purworejo – Wonosobo tepatnya di Desa Wonotopo, Kecamatan Gebang dan di ruas jalan Desa Redin. Material longsoran menutup akses jalan utama Purworejo-Wonosobo.

Bencana serupa juga terjadi di Dusun Tepus RT 2 RW 5 Desa Somorejo, Kecamatan Bagelen, di Dusun Sijugar RT 2 RW 4 Desa Bleber, Kecamatan Bener, di Dusun Sicengel RT 1 RW 4 Desa Pekacangan, Kecamatan Bener.

Tanah longsor juga menimpa Dusun Jatikobar Desa Bener, di Dusun Siringan RT 2 RW 7 Desa Jati, Kecamatan Bener, serta longsor di Dusun Kaliagung, Desa Sokoagung, Kecamatan Bagelen.

“Tanah longsor di Sokoagung masih kami tangani. Lokasinya tepat di perbatasan tiga desa, yaitu Sokoagung, Hargorojo dan Kalirejo Kecamatan Bagelen,” kata Iman Tjiptadi. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *