Zerlina dan Anggita Wakili Indonesia pada Ajang Jambore Pramuka Dunia di AS

PURWOREJO, Zerlina Prima Putri Adisti dan Anggita Yunia Nugraheni, anggota Pramuka asal Kwarcab Purworejo bakal jadi bagian dari regu Indonesia pada The 24th World Scout Jamboree (Jambore Pramuka Dunia) di Virginia Amerika Serikat, akhir Juli mendatang. Saat ini kedua siswi kelas XI SMA Negeri 1 Purworejo itu sudah berada di Jakarta bersama enam rekannya dari seluruh Indonesia, untuk mengikuti latihan persiapan menjelang keberangkatan Sabtu (20/7) lusa.
Zerlina dan Anggita akan mementaskan tari Dolalak dalam even internasional yang digelar tiap tahun itu. Keduanya merupakan juara dalam Lomba Tingkat V (LT V) Nasional Tahun 2017 saat masih jadi siswi SMP N 2 Purworejo.
Humas Setda Purworejo merilis, Selasa (16/7) lalu Zerlina dan Anggita sowan ke Ketua Mabida Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua Kwarda Jawa Tengah, Siti Atiqoh Ganjar Pranowo, di Rumah Dinas Gubernur di Puri Gedeh Semarang. Keduanya didampingi Waka Bidang Humas Abdimas Kwarcab Purworejo, H Muh Wuryanto dan pengurus Kwarcab Purworejo.

Keduanya juga sowan untuk berpamitan kapada Bupati Purworejo selaku Kamabida Agus Bastian dan Ketua Kwarcab Purworejo Pram Prasetyo Achmad.

Waka Binawasa Kwarcab Purworejo, Titik Mintarsih mengatakan, mereka akan berangkat menuju ke Amerika Serikat pada 20 Juli dan sebelum bertolak diberikan pembekalan oleh Kwarnas terlebih dulu. Mereka akan berada di negeri Paman Sam mengikuti kegiatan Jambore Dunia selama dua minggu.
“Di sana kegiatannya mengenalkan Budaya Indonesia, termasuk batik, makanan khas, dan seni budaya Indonesia. Perwakilan yang dari Kwarcab Purworejo di sana rencananya akan mementaskan tari Dolalak,” katanya.

Lebih lanjut Mintarsih menjelaskan, Jambore Pramu Dunia dikemas bukan dalam bentuk lomba, tetapi saling memperkenalkan budaya di negara asal masing-masing peserta. Dengan adanya dua wakil Indonesia dari Purworejo diharapkan budaya Indonesia termasuk budaya khas Purworejo bisa lebih dikenal luas di dunia internasional. (A)

Tinggalkan Balasan