SMKN 7 Purworejo: Sekolah “Pinggiran” Kualitas Kota

BAGELEN, Meski berada di pinggiran kota, tepatnya di Desa Kemanukan, Kecamatan Bagelen, namun SMKN 7 Purworejo tetap mampu mensejajarkan diri dengan sekolah yang berada di kota.

Terbukti dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer yang lalu, sebanyak 189 siswa peserta UNBK berhasil lulus 100 persen. Disamping itu para lulusannya juga banyak yang langsung terserap di dunia kerja.

Kepala SMKN 7 Purworejo, Samsiyah, S.Pd mengungkapkan, ada tiga program keahlian yang ada di SMKN 7 Purworejo. Yakni Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Tata Busana dan Akuntansi Lembaga Keuangan.

“Dari tiga program keahlian tersebut semua sudah uji kompetensi. Untuk Tata Busana dan Akuntansi oleh LSP P1. Sedang untuk Teknik Instalasi Tenaga Listrik oleh LPJK (LSP P2),” kata Samsiyah saat ditemui di sekolah, Rabu (15/5).

Disebutkan, dalam UNBK kemarin terdapat dua siswa yang berhasil meraih nilai 100 di mapel Bahasa Indonesia atas nama Ria Puspitasari dan Anisa Aprilia Pradipta dari program keahlian Akuntansi. Sementara untuk nilai tertinggi diraih oleh Yuli Kurniasih dari Akutansi dengan nilai 359.

Samsiyah menyebutkan, untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019-2020 kuota yang tersedia sebanyak 2.016 siswa terbagi dalam 6 rombel (rombongan belajar) dengan asumsi per rombel 36 siswa.

Bagi yang berminat, lanjut Samsiyah, calon siswa bisa langsung datang ke SMKN 7 Purworejo dengan membawa kelengkapan persyaratan atau juga bisa melalui online di situs www.ppdb.jatengprov.com.

Diterangkan, SMKN 7 Purworejo memiliki 3 kompetensi keahlian, yakni Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Tata Busana dan Akutansi dan Keuangan Lembaga.

Perusahaan yang sudah bekerjasama dengan BKK (Bursa Kerja Khusus) SMKN 7 Purworejo meliputi PT. Astra Daihatsu Motor, PT Aisin, PT Nesinek, PT Ungaran Sari Garment, PT Hop Lun, PT Bra Yogyakarta, PT IGP Yogyakarta, PT Libra Permana, CV Putra Teknik Jogja, Wisma MM UGM.Yogyakarta, CV Nugroho Teknik, Top Elektrik Yogyakarta, Agung Teknik, MAD Flash, PT Sritex, PT Anggun Kreasi Garment, PT Karyata Mitra Sejati dan PT Dian Yoga Perdana.

Adapun ekstrakurikuler yang ada, Pramuka, kerohanian Islam, sepak bola, bola volley, basket, bulu tangkis, seni musik, seni tari, PMR, PKS, silat, Mading, ECC, Akutansi club, rebana dan BTAQ.

“Visi SMKN 7 Purworejo menjadi SMK yang unggul dalam prestasi, profesional berkarakter berlandaskan IMTAQ dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di era global, ” tandas Samsiyah. (W5)

Tinggalkan Balasan