Hesti Sulistyorini: Cantik, Cerdas dan Kritis

​The future of our country depends of the young generation. If the young generation good, the future of our country will be better. But if the young generation bad, automaticaly the future of our country will be worst. 

(Masa depan negara kita tergantung dari generasi muda. Jika generasi muda bagus, masa depan negara kita akan lebih baik. Tetapi jika generasi muda yang buruk, otomatis masa depan negara kita akan menjadi yang terburuk)

Itulah buah pikir Hesti Sulistyorini (20), mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP). Ungkapan tersebut menjadikannya tergugah untuk aktif berperan mendorong terwujudnya generasi muda yang kritis dan visioner.

Dara manis pemegang selempang Wakil 1 Roro Purworejo 2017 ini menyadari bahwa masa depan bangsa ada pada generasi muda. Jika generasi mudanya  baik, maka otomatis masa depan bangsa juga baik, dan sebaliknya.

“Pemuda zaman now haruslah lebih berkompeten dan visioner sehingga bisa menjadi role-model  generasi masa kini,” kata Hesti, saapan akrabnya, pekan lalu.

Pemilik tanggal lahir 27 September 1997 ini mengungkapkan, Kabupaten Purworejo sedang gencar melakukan perbaikan infrastruktur pembangunan berbagai obyek yang menjadi sasaran dalam menyambut Tahun Kunjungan Wisata Romansa Purworejo 2020. 

Harapannya, tidak hanya segi fisik kabupaten saja yang setingkat lebih baik. Masyarakatnya juga harus lebih visioner dan berperan serta menciptakan Kabupaten Purworejo lebih maju  dan lebih dikenal masyarakat luas.

“Karena selama ini Kabupaten Purworejo belum begitu dikenal. Purworejo harus mempunyai generasi yang berjiwa kritis dan tentunya kritis yang berorientasi membangun,” ungkap Hesti yang juga jadi jurnalis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Sinar Surya UMP.

Hesti merupakan anak kedua dari 4 bersaudara pasangan Misgiyono dan Sohibah yang berdomisili di Desa Seren, Kecamatan Gebang. Tumbuh dalam keluarga sederhana membuatnya lebih termotivasi untuk maju dan meraih prestasi.

Alhasil, sederetan capaian membanggakan pun disabetnya. Hesti tercatat sebagai anggota Paskibra Kabupaten Purworejo tahun 2014 saat bersekolah di SMAN 6 Purworejo. 

Selanjutnya belum lama menjadi mahasiswa di UMP, dua predikat diraihnya, yakni Wakil 1 Roro Duta Wisata Kabupaten Purworejo 2017 dan First Runner-Up Duta Jamu Jawa Tengah 2017.

“Menjadi Wakil 1 Roro dan memakai selempang kepercayaan dari kabupaten merupakan sebuah tanggung jawab yang besar bagi saya,” ujarnya.

Hesti menyadari, sejumlah kepercayaan yang diamanahkan kepadanya harus terus dijaga. Salah satu caranya yakni dengan tetap aktif berorganisasi.

Saat ini, Hesti tercatat aktif dalam UKM Jurnalistik Sinar Surya dan Himpunan Mahasiswa (Hima) PBI UMP. Pada Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di kampusnya kemarin, Hesti bahkan didaulat menjadi ketua panitia kegiatan.

“Organisasi menjadi wadah mengasah kemampuan dan jiwa kepemimpinan. Lebih dari itu, aktif dalam organisasi mendorong kita untuk peka terhadap kondisi sosial,” pungkasnya. (Wardoyo)

One comment

  1. sesosok hesti sulistyorini sangat memberikan inspirasi dan dorongan untuk anak bangsa yang akan mengganti gerenasi sekarang untuk dapat melanjutkan perjuangan negara menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *