Berkenalan dengan Mas Bram (2): Politik Sebagai Jalan untuk Lakukan Perubahan

SELAIN karena tinggal di kompleks Markas Komando Kopassus – Cijantung, juga karena Bramantyo atau Mas Bram datang dari keluarga militer, baik dari keluarga ayahnya (Gatot M Suwondo) maupun dari ibunya (Retno Cahyaningtyas Sarwo Edhie Wibowo).

“Kakek, pak de, paman, dan kakak sepupu saya aktif di militer,” ungkapnya, sambil tersenyum.

Namun cita-cita Mas Bram terjun ke militer tak kesampaian. Dia juga tak mengikuti jejak ayahnya, seorang bankir profesional atau ibunya yang menggeluti dunia keuangan dan bisnis.

“Saya lebih tertarik ke politik praktis. Lewat jalur politik praktislah kita lakukan perubahan konstitusional,” ujarnya.

Ketertarikan itu, menurutnya, terutama karena proses sosialisasi dia di sekolah. Sejak SD sampai SMA dia belajar di sekolah negeri, berbaur dengan teman-temannya yang datang dari berbagai kalangan dan strata sosial.

“Saya sempat jadi korlap demo ketika SMA, memprotes kebijakan kepala sekolah menaikkan iuran sumbangan pendidikan hanya karena ingin melengkapi kelas dengan air condition,” ujarnya sambil senyum, sambil mengingat aktivitasnya di masa belia.

“Sebenarnya untuk saya kebijakan menaikkan SPP tidak berpengaruh, tapi untuk teman-teman saya yang kurang mampu, tentu memberatkan,” kilahnya.

Mas Bram merasa tersentuh oleh beragam laku yang mencerminkan ketidak-adilan di lingkungan sosial. Ia yakin, kesadaran itu mengalir karena kakek dan neneknya, meskipun orang berpangkat, tapi hidup sederhana.

“Tentu saya mengikuti jejak bapak saya juga, yang ketika mahasiswa di Filipina sering mendalami kehidupan sosial di tengah lingkungan masyarakat kurang mampu. Saya juga mendapat contoh dari ibu saya yang dididik dalam keluarga yang hidup hemat, tapi bahagia,” ceitanya.

Lingkungan sosial membentuk kepribadian Mas Bram yang juga sederhana dan punya passion membantu orang lain.

“Saya melihat dunia politik merupakan sarana untuk mewujudkan cita-cita saya dan menjalani passion saya, itu,” tukasnya. (Bersambung)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *