Selain Pasukan Ungu, Dinas LH Juga Gunakan Mobil Mesin Penyapu Sampah Jalan

PURWOREJO, Ada hal yang menarik di Purworejo. Kalau umumnya membersihkan sampah jalanan memakai sapu dan secara manual dilakukan oleh orang, namun beda cerita dengan Purworejo. Purworejo kini punya mobil mesin penyapu sampah jalan, yang berfungsi untuk membersihkan sampah di jalan raya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo Al Bambang Setyawan, S.Sos, mobil mesin penyapu sampah tersebut sudah dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup Purworejo selama 2 tahun.

“Jadi sejak tahun 2019 yang lalu kami sudah punya mobil mesin penyapu sampah jalan. Kita baru punya 1 unit dan fungsinya untuk menyedot dan membersihkan sampah,” ungkap Bambang Setyawan kepada Purworejonews, Selasa (4/5).

Bambang Setyawan memaparkan bahwa mobil mesin penyapu sampah jalan tersebut untuk memanusiakan manusia. Karena dengan alat tersebut, pengemudinya di ruang AC dan tidak kepanasan atau kehujanan.

“Musim kemarau kan banyak sampah di jalanan, maka kita memakai mobil mesin penyapu jalanan supaya efektif dan efisien,” terangnya.

Al Bambang Setyawan

Di musim kemarau, lanjutnya, banyak pepohonan yang pada rontok daun dan rantingnya, jadi harus kerja ekstra untuk membersihkannya.

“Kami secara rutin menjaga kebersihan kawasan kota Purworejo. Khusus Ramadhan ini dan Idul Fitri nanti, tugas para petugas kebersihan lebih pagi, selepas sahur sudah bergerak membersihkan lingkungan,” ucapnya.

Untuk kebersihan kawasan perkotaan, jelasnya, secara rutin dilakukan pagi hari jam 05.00- 12. 00 dan siang hari mulai jam 12.00- 17.00 WIB, dilakukan 2 shift.

“Selain itu kami juga akan menggunakan insenerator, yaitu alat daur ulang sampah modern. Fungsi alat ini untuk mendaur ulang sampah menjadi abu. Kemudian abu tersebut bisa dicetak menjadi batako atau jadi pupuk,” terangnya.

“Bapak Bupati sudah setuju dan mengambil kebijakan bahwa ke depan alat insenerator akan dipakai di TPA sampah, untuk pengelolaan sampah secara modern,” pungkas Bambang Setyawan. (Aziz)

Tinggalkan Balasan