Wajib Pajak yang Lapor SPT Melalui E-Filling Meningkat, Antrean Berkurang Drastis

PURWOREJO, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH mengajak seluruh wajib pajak untuk segera memenuhi kewajiban melaporkan SPT Tahunan sebelum jatuh tempo. Ajakan itu disampaikan usai menyerahkan bukti pelaporan SPT Tahunan, di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purworejo, Jumat (9/3).

Didampingi Kepala KPP Pratama Purworejo Yoepida Laksamana Sumantri, Yuli Hastuti menjelaskan, kehadirannya di KPP Pratama Purworejo dalam rangka kunjungan sekaligus melaporkan bahwa dirinya sudah menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan orang pribadi.

“Saya menyampaikan SPT Tahunan melalui e-Filling yang saya lakukan Kamis kemarin,”kata Yuli.

Yuli juga mengajak masyarakat Purworejo patuh dalam melaksanakan kewajiban perpajakan dan membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Karena pajak memiliki peran yang vital dalam pembangunan nasional. Hampir 75% APBN bersumber dari pajak,”tandasnya.

Sementara itu Kepala KPP Pratama Purworejo Yoepida Laksamana Sumantri mengatakan, kesadaran wajib pajak untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filling terus meningkat.

Diungkapkan, tahun ini dari 19.200 wajib e-Filling sudah terealisasi 40% dari target 82%. Sedangkan tahun lalu dari 15.000 wajib e-Filling, terealisasi 94% dari target 78%.

Disamping itu, lanjut Yoepida, penerimaan pajak juga meningkat tajam. Tahun lalu sampai akhir Februari jumlah penerimaan pajak hanya Rp 24 miliar. Tahun 2018 ini pada bulan dan tanggal yang sama meningkat jadi Rp 34 miliar atau tumbuh 42%.

“Sekarang yang melaporkan SPT Tahunan langsung ke kantor sangat berkurang. Ruangan tidak berjubel seperti dulu lagi, karena wajib pajak bisa melapor dari rumah dengan handphone,”ujarnya.

Menurut Yoepida, meningkatnya kesadaran wajib dalam melaporkan SPT Tahunan antara lain karena pengaruh keteladanan para pemimpinnya. Sepert dicontohkan oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *