UPT SPNF Kabupaten Purworejo Cetak Perias Pengantin Profesional

KUTOARJO, Unit Pelaksana Teknis SPNF Kabupaten Purworejo menggelar uji kompetensi tata rias pengantin gaya solo putri, Minggu (4/2) lalu. Uji kompetensi diikuti oleh 29 Oran, terdiri atas empat peserta swadana dan 25 peserta dari program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) tahun 2017.

Uji kompetensi diuji oleh dua orang ahli tata rias, yaitu Hj Sri Maryatni, SE dari Kebumen dan Hj Irein Ibrahim, S.Pd dari Jakarta. Sebelum mengikuti uji kompetensi, para peserta lebih dulu dilatih selama 40 kali pertemuan dan telah melaksanakan uji kompetensi lokal.

Uji kompetensi dibuka oleh Kepala Bidang PAUD dan Dikmas pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo, Gita Yuristiana, S.Sos, MM, disaksikan oleh tim penguji dari LSK, Kepala UPT SPNF, penyelenggara program, narasumber teknis, peserta dan model. Pembukaan dilanjutkan dengan penyerahan soal dari LSK kepada Dindikpora yang selanjutnya diserahkan kepada tim penguji.

Pelatihan tata rias pengantin dilaksanakan mulai 7 November 2017 dengan materi teori dan praktik. Selain memperoleh keterampilan tata rias pengantin, peserta juga dibekali dengan pengetahuan tentang kewirausahaan dan pengelolaan usaha.

Kepala UPT SPNF Kabupaten Purworejo, Dra Sri Supriastanti Pratiwi, M.Pd mengatakan, pengetahuan tentang kewirausahaan dan pengelolaan usaha sangat diperlukan untuk menumbuhkan minat peserta agar bersemangat untuk melakukan usaha di bidang jasa tata rias pengantin.

Dijelasksan, peserta program PKK adalah warga masyarakat Purworejo dengan usia produktif, yaitu 18 – 40 tahun yang mempunyai minat mengembangkan diri melalui keterampilan tata rias pengantin. Selain memperoleh ilmu dan pengetahuan, peserta didik juga mendapat alat dan bahan praktik sebagai bekal dalam berlatih.

“Setelah lulus uji kompetensi, peserta akan diikutkan magang, yaitu diperbantukan pada perias profesional yang memiliki jam terbang tinggi. Magang bermanfaat untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dalam dunia nyata,”jelas Sri Supriastanti.

UPT SPNF Kabupaten Purworejo telah banyak menelorkan perias pengantin di wilayah Kabupaten Purworejo. Kegiatan kursus rias pengantin sudah dilaksanakan sejak tahun 1990an dan baru mulai 2015 dilaksanakan uji kompetensi atau ujian nasional. Bahkan untuk peserta uji kompetensi kali ini ada yang datang dari Yogyakarta.

Selain kegiatan tata rias pengantin, UPT SPNF Kabupaten Purworejo pada tahun 2018 juga melaksanakan kegiatan lain, meliputi Program PAUD, Pendidikan Keaksaraan, Paket B, Paket C, Kursus Tata Busana, Kursus Tata Kecantikan Rambut, Kursus Tata Boga, Kursus Hantaran, Kursus Bordir dan Kursus Dekorasi. (Budi Harsono, PB UPT SPNF Kabupaten Purworejo)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *