Pejabat Hongaria Kunjungi Purworejo, Bupati Pamerkan Berbagai Potensi

PURWOREJO, Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, menerima rombongan delegasi negara Hongaria, di pendopo kabupaten, Jumat (23/3). Ini merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Bupati, Ketua DPRD Luhur Pambudi, Wakil Ketua DPRD Yophi Prabowo dan Sekda Said Romadhon melakukan kunjungan kerja ke negara tersebut.

Petinggi Hongaria yang datang yaitu Prof Dr Tamas Novak (Director Oriental Business and Innovation CTR BGE University), Prof Dr Istven Abel (Senior Official Bank Central Hungary), dan Szillard Boros (Senior Official Bank Central Hungary).

Dalam sambutannya Bupati memperkenalkan Kabupaten Purworejo sebagai daerah penyangga pangan di Jawa Tengah dengan hasil utama seperti padi, kedelai dan jagung.

Diungkapkan, selain dikenal sebagai daerah agraris, Purworejo juga memiliki potensi alam yang luar biasa besar. Pantai wilayah selatan yang panjangnya mencapai 21 kilometer, telah memberikan kekayaan alam berupa hasil laut, serta menjadi lokasi obyek wisata.

Potensi yang dihasilkan dari bidang perkebunan juga sangat melimpah seperti kelapa, kopi, manggis, durian maupun produk olahannya seperti virgin coconut oil (VCO) dan gula semut.

Bupati juga menyinggung pembangunan megaproyek bandara internasional New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. Menurutnya wilayah selatan Purworejo menjadi lokasi sangat strategis untuk pengembangan bisnis.

“Sehingga selain pengembangan kawasan, kami berkeinginan untuk membangun pelabuhan laut yang bisa digunakan untuk bersandar kapal-kapal besar,”tegas Bupati.

Bupati menegaskan, pihaknya berkepentingan untuk mengadakan kerjasama dengan Hongaria. Dengan harapan, kerjasama ini dapat membantu mewujudkan impian untuk memajukan Purworejo dan menyejahterakan rakyat.

Pada kesempatan itu delegasi Hongaria menyempatkan diri melihat produk-produk Purworejo seperti VCO, gula semut dan batik. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *