Meriahkan HUT RI, Polres Gelar Lomba Ketangkasan dan Ketrampilan Becak Kayuh

PURWOREJO, Sebanyak 25 tukang becak mengikuti lomba ketangkasan becak kayuh yang digelar oleh Satlantas Polres Purworejo, Kamis (16/8). Kegiatan dilaksanakan di halaman Unit Laka Lantas Polres Purworejo.
Dalam lomba ketangkasan becak kayuh tersebut para peserta diwajibkan melewati lintasan yang sudah dibuat oleh panitia.
Ada sejumlah aturan dalam lomba yang harus dipatuhi peserta, seperti becak yang digunakan memenuhi standar keselamatan dan didukung dengan perlengkapan. Selain itu pada saat lomba, pelindung penumpang atau atap dipasang, dan tidak diperbolehkan menabrak atau menyenggol cone pembatas.
Adapun kriteria penilaian meliputi ketrampilan, ketangkasan (banyak sedikitnya menabrak/menyenggol cone dan kemampuan mengatasi situasi sulit), dan waktu tempuh.

Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya, SIK didampingi Kasat Lantas AKP Nyi Ayu Fitria Facha,SH mengatakan, kegiatan lomba ketangkasan becak kayuh dalam rangka ikut memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 dan bentuk empati kepada tukang becak .
“Dalam lomba ini semua peserta diberi sembako,”kata Kapolres di sela lomba.
Selain itu kegiatan lomba juga untuk memberi edukasi kepada tukang becak pentingnya tertib berlalulintas.
“Selama ini tukang becak terkenal semaunya sendiri, tidak perduli lampu merah. Nah setelah diberi pengertian diharapkan tertib berlalu lintas dan menularkan kepada lainnya,”ucap Kapolres.
Kegiatan lomba berlangsung seru. Meski mereka terbiasa mengendarai becak namun dengan adanya jalur yang dibentuk sedemikian rupa mereka terlihat grogi dan sehingga ada salah satu peserta yang terjatuh.
“Sulit dan becak saya tidak siap untuk uji ketangkasan seperti ini, “kata Tuhono, peserta yang jatuh.
Berikut hasil lomba ketrampilan becak kayuh: Juara I, II dan III masing -masing diraih Rohmat, Agus dan Tuhono. Juara harapan I, II dan III diduduki oleh, Slamet, Warso, dan Rohmat.
Sementara juara ketangkasan dimenangkan oleh Riyadi. Sedang juara favorit disabet oleh Tuhono. Masing-masing juara mendapat bingkisan. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *