Info Kuliner: Nikmati Sensasi Rasa Kopi Durian dan Kolak Durian di Wedangan Mbah Lurah

PURWOREJO, Ada banyak kafe di Purworejo yang menyajikan aneka kopi sebagai menu utama. Tapi minuman kopi durian hanya ada di Wedangan Mbah Lurah, sebuah kafe yang menempati bangunan eks Rumah Dinas Perwira Kodim, Jalan Urip Sumoharjo nomer 7 Purworejo. Kafe baru dengan sajian menu berkelas tapi dengan harga terjangkau.

Kafe Wedangan Mbah Lurah baru tiga bulan berdiri dan ikut meramaikan kompetisi kuliner di Purworejo. Dikomandani pensiunan perwira menengah TNI, Letkol Inf (Purn) Sapto Setianing Wibowo (60) dan istrinya, Jeng Eni, Wedangan Mbah Lurah siap memanjakan para kopi maniak di Kota Berirama ini.

Kopi Durian, Kolak Durian, Singkong Keju/Original dan Pisang Goreng Crispy, adalah menu andalan Wedangan Mbah Lurah. Bukan berarti tidak ada menu lain yang disajikan. Roti bakar, mendoan, kentang goreng, mi goreng, nasi ayam geprek, omelet, susu murni jahe dan aneka minuman lain juga tersedia.

“Kopi yang kami sajikan bukan kopi biasa. Begitu juga durian kami pilih durian berkualitas, baik durian lokal maupun Sumatera,” terang Sapto yang ditemui Purworejonews, Minggu (13/9).

Sapto dan Jeng Eni di dapur Wedangan Mbah Lurah

Ada enam sajian kopi utama di Wedangan Mbah Lurah: Kopi Durian Rp 15.000, Kopi Arabica Rp 10.000, Kopi Robusta Rp 10.000, Kopi Exelsa Rp 10.000, Kopi Mbah Lurah Rp 10.000, Kopi Gayo Rp 15.000, Kopi Lintong Rp 15.000 dan Kolak Durian Rp 15.000.

Setelah memasuki masa pensiun dari dinas militer di Kodiklat TNI tahun 2018 lalu, Sapto sempat dua tahun menikmati saat-saat santai bersama dua cucu kesayangannya. Tapi sejak bulan Juni lalu, dengan modal semangat dan referensi dari koleganya, Sapto mulai membuka Wedangan Mbah Lurah.

Menu utama pilihannya adalah kopi durian yang berdasarkan informasi tidak sekadar minuman biasa, tetapi juga minuman dengan banyak manfaat. Selama ini durian mendapat stigma sebagai makanan berisiko penyakit. Tapi menurut Sapto, dengan dicampur kopi, durian justru memberi manfaat positif.

Sedikitnya ada tujuh khasiat kopi durian bagi kesehatan, yaitu meningkatkan libido, menambah stamina, mencegah kanker, menjaga kesehatan mulut, mengurangi risiko diabetes, alzheimer, mencegah parkinson, menjaga kulit tetap sehat, dan meningkatkan semangat.

Menikmati sajian di gazebo

Sapto mengaku tergolong nekad membangun usaha kuliner, karena baik dirinya maupun istrinya sama sekali tidak memiliki latar belakang kuliner. Keduanya hanya mengandalkan pengetahuan yang didapatkan dari dunia maya dan teman-temanya selama masih aktif berdinas.

“Di Purworejo sampai sekarang tidak ada kafe atau kedai minuman yang menyediakan kopi durian. Atas dasar itulah kami membuat Wedangan Mbah Lurah,” ujar Sapto.

Frasa “Mbah Lurah” dijadikan nama kafenya diambil dari buyut dan orang tua istrinya yang menjabat lurah di Desa Keditan, Kecamatan Grabak, Magelang. Nama Mbah Lurah itu pula yang menginspirasi Sapto untuk mendisain ruang-ruang kafenya dengan nuansa klasik.

Room lesehan

Gedungnya merupakan bangunan peninggalan Belanda yang kini masuk dalam daftar bangunan cagar budaya. Arsitektur bangunannya khas dengan pintu dan jendela kayu jati yang tinggi. Setiap ruangan diisi meja kursi kayu dengan hiasan caping bambu, tembikar dari tanah liat dan lampion dari bambu.

Wedangan Mbah Lurah memiliki tiga room utama dan satu gazebo yang terletak di halaman depan. Satu ruang didisain untuk pertemuan dan acara keluarga seperti ulang tahun, arisan dan rapat-rapat. Satu ruangan berupa lesehan. Disediakan juga WiFi gratis.

Meski bangunan dan disain interiornya klasik, tapi sasaran pembeli Wedangan Mbah Lurah adalah semua kalangan usia. Bahkan pengunjung usia muda menjadi target bidikannya. Oleh karena itu nantinya akan disajikan live music.

Kopi durian bersanding dengan singkong original dan pisang goreng crispy

Wartawan Purworejonews berkesempatan mencicipi tiga menu yang disajikan: kopi durian, pisang goreng crispy dan singkong original. Kopi durian tersaji secara original, yaitu secangkir kopi dengan satu pongge durian di dalamnya. Rasanya kopinya maknyus dengan balutan aroma durian.

Pisang goreng crispy benar-benar crispy, dengan balutan keju yang gurih dan bercitarasa mewah. Sedangkan singkong original, dengan singkong D9 dari Salatiga, ditambah sambal bawang, menjadikan singkong serasa “Roti Belanda” yang empuk dan lezat.

Kalau Anda penyuka sensasi rasa, tunggu apalagi. Segera mampir di Wedangan Mbah Lurah, dan nikmati sensasinya. (Ahmad Nas Imam)

Tinggalkan Balasan