Hasil Keseriusan Tangani Covid-19, Recovery Rate Purworejo Nomer 1 di Jateng

PURWOREJO, Keseriusan Pjs Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti, MA untuk menekan angka positif Covid-19 di wilayah Purworejo tampaknya mulai membuahkan hasil. Selain menyampaikan instruksi agar terus aktif melakukan swab, Yuni Astuti juga intens berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani masalah Covid-19.

Hasilnya, dalam masa 17 hari tugasnya, sudah dua kali posisi recovery rate (tingkat pemulihan) covid-19 di Kabupaten Purworejo berada pada urutan nomer 1 di tingkat Jawa Tengah. Selain pada tanggal 30 Sepetember lalu, hari ini, Kamis (15/10) Purworejo kembali mencatat recovery rate nomor 1 se-Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan oleh Pjs Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti, MA di sela acara ramah tamah dengan wartawan hari Kamis (15/10) di ruang Arahiwang Setda Purworejo. Recovery rate itu berkaitan dengan hasil penanganan pencegahan Covid-19 di masing-masing kabupaten di Jawa Tengah.

Yuni mengatakan, penanganan Covid-19 merupakan fokus kerjanya selama 71 hari bertugas di Purworejo. Disebutkan, ia selalu menekankan pentingnya penegakan protokol kesehatan (prokes) dengan melakukan tiga hal inti yakni pakai masker, sering cuci tangan, dan jaga jarak.

Pjs Bupati berkenalan dengan awak media

“Bila tiga hal itu dilakukan secara konsisten maka akan memiliki peran yang sangat besar dalam menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Purworejo. Untuk itu terpaksa saya mengintruksikan untuk menegakkan prokes tersebut dengan melibatkan Satpol PP, Dinkes, serta TNI agar mengedukasi dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya tiga prokes itu.”

Fokus lainnya yakni fasilitasi pilkada. Yuni mengaku dirinya sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Purworejo untuk menjamin pelaksanaan pilkada yang tertib. Yuni juga selalu menekankan agar ASN bersikap netral menjelang pelaksanaan pilkada.

Fokus kerja lain yang tak kalah penting adalah pembangunan Bendungan Bener. Pjs Bupati menyampaikan bahwa dirinya sudah melakukan koordinasi dengan SKPD dan instansi terkait untuk percepatan pembangunan.

Yuki bersyukur pelaksanaan proyek prestisius Bendungan Bener bisa terlaksana sesuai rencana dan jadwal meski diterpa pandemi Covid-19. Disebutkan bahwa pembangunan bendungan terus berjalan sesuai dengan yang direncanakan. “Progresnya bagus dan berjalan sesuai rencana,” tegas Yuni.

Pjs Bupati berharap para pewarta bisa membantu pemerintah daerah untuk menyampaikan informasi kepada seluruh pemangku kepentingan terutama pada masyarakat Purworejo. (Dia)

Tinggalkan Balasan