Empat Parpol Tak Ajukan Bacaleg: Pileg 2019 di Purworejo Hanya Diikuti 12 Partai

PURWOREJO, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Purworejo akhirnya gagal mengikuti Pemilu Legislatif 2019 setelah berkas pencalonannya dikembalikan oleh KPU karena dinyatakan tidak lengkap. Pengembalian berkas dilakukan oleh Ketua KPU Purworejo, Dulrokhim, kepada pengurus DPC PSI Kabupaten Purworejo, Rabu (18/8) dini hari pukul 01.15.

Sementara itu tiga partai lainnya, yaitu Partai Bulan Bintang (PBB), Garuda dan PKPI, hingga penutupan pendaftaran Selasa (17/7) pukul 00.00 tidak kunjung menyerahkan berkas pencalonan.

Dengan demikian Pileg 2019 di Purworejo hanya diikuti oleh 12 partai politik. Yaitu PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, dan Demokrat.

Menjelang deadline penyerahan berkas pencalonan Selasa malam, teras kantor KPU Purworejo dipenuhi pengurus PPP, Berkarya dan PSI. Mereka tampak sibuk melengkapi berkas pencalonan.

Sekitar dua menit menjelang ditutup, ketiga pengurus partai itu menyerahkan berkas. Setelah berkas diterima, KPU memberi kesempatan pengurus Partai Berkarya dan PSI untuk menyempurnakan.

Pada pukul 00.20 Komisioner KPU Sumardiyo minta agar berkas diserahkan kembali untuk diverifikasi. Akhirnya pada pukul 01.15 Ketua KPU Dulrokhim mengembalikan berkas pencalonan PSI karena tidak lengkap dan menganggap partai itu tidak mengajukan berkas.

“Berkas yang tidak lengkap meliputi Form B2 tak bermeterai, Form B3 tidak ada, Form B tak sesuai PKPU dan Form B1 tidak sesuai dengan Form B,”tandas Dulrokhim menyebut alasan mengembalikan berkas PSI.

Sementara itu berkas pencalonan PPP dan Berkarya dinyatakan lengkap. PPP mengajukan 29 caleg di 6 Daerah Pemilihan, sedang Berkarya hanya 19 caleg terdiri atas 9 laki-laki dan 10 perempuan. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *