Disdukcapil Purworejo Melayani Perekaman dan Pencetakan KTP Elektronik On The Spot

PURWOREJO, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo, Rabu (12/6) melakukan perekaman dan pencetakan KTP elektronik on the spot atau di tempat pemohon di empat lokasi di Desa Tepus Wetan, Kecamatan Kutoarjo. Warga yang didatangi sebanyak empat orang, tiga jompo dan seorang penyandang disabilitas.
Mereka sengaja dilayani secara gratis di tempat karena fisiknya tidak mampu untuk datang sendiri di kantor kecamatan. Oleh karena itu atas permohonan kepala desa, Disdukcapil menurunkan tim berikut peralatan perekaman dan pencetakan KTP elektronik.

Dengan sebuah mobil kijang tua, tiga orang petugas datang ke rumah warga yang terpencar di empat lokasi. Kegiatan pemotretan dan perekaman sekaligus pencetakan KTP elektronik dilakukan di mobil tersebut.

Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kabupaten Purworejo, Agus Subiyantoro, S.Sos, MM, menjelaskan, keempat warga yang dilayani di tempat yaitu Karto Wikromo (86), dan Seniyem (79) warga RT 2 RW 4, Sowirono (83) warga RT 2 RW 3 dan Slamet Nugroho (57) warga RT 1 RW 3.

“Sudah jadi komitmen kami untuk melayani masyarakat secara proaktif. Kamilah yang harus menjemput mereka, bukan mereka yang mendatangi kami. Kami ingin warga bahagia dengan pelayanan kami,”ungkapnya, Rabu (12/6).

Dikatakan, pada prinsipnya setiap warga negara harus memiliki identitas kependudukan karena dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu pihaknya berupaya keras agar seluruh warga Purworejo memiliki KTP elektronik.
“Khusus warga yang karena usia atau fisik kesulitan menjangkau kantor kecamatan atau Disdukcapil, kami siap mendatangi dimana pun tempatnya. Yang penting pihak desa yang meminta,”tandas Agus Subiyantoro yang akrab dipanggil Gusbi itu. (Nas)

Tinggalkan Balasan