Di SMPN 2 Purworejo, Pesantren Literasi Hasilkan Buku Karya Para Siswa

PURWOREJO, Bekerjasama dengan penerbit Farishma Indonesia, SMP Negeri 2 Purworejo mengadakan kegiatan bertajuk Pesantren Literasi One Book One Student. Kegiatan berlangsung selama dua hari, Rabu (30/5) dan Kamis (31/5), diikuti oleh 165 siswa kelas VII, VIII, dan IX dengan menghadirkan narasumber Cucu Suryanto, SE, manager Farishma Indonesia dan Drs Setyo Budi, penulis buku dan trainer.
Kepala SMP Negeri 2 Purworejo, Kusnaeni, M.Pd mengatakan, kegiatan itu untuk meningkatkan gerakan literasi sekolah, khususnya literasi membaca, menulis, dan kiterasi digital serta peningkatan karakter religius.
“Konsep kegiatan Pesantren Literasi adalah anak-anak dibekali dengan pelatihan menulis oleh narasumber untuk bisa menulis sebuah buku antologi yg dikolaborasikan dengan kegiatan keagamaan, seperti sholat sunah, dhuha, tarawih, dan tahajud, sholat wajib berjamaah, ceramah keagamaan, buka bersama dan makan sahur bersama, “kata Kusnaeni, Jumat (1/6).

Dari 154 siswa, lanjut Kusnaeni, dalam dua hari tersusun 12 buku antologi dengan tema yg berbeda. Kelompok pengurus OSIS membuat buku antologi dengan judul One Team One Dream, kelompok juara kelas tersusun buku antologi Keindahan di Balik Kabut, pencinta olah raga berhasil membuat buku berjudul Sport is My Life, sedang kelompok juara LT Pramuka membuat buku antologi America is Our Dream.
“Dalam waktu dua hari satu malam para siswa ternyata bisa menyelesaikan buku antologi yang tersusun dalam 12 judul buku. Buku-buku tersebut rencananya akan diterbitkan menjadi buku ber ISBN dan akan dilaunching pada bulan juli 2018,”tutur Kusnaeni. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *