Bupati dan Wabup Serahkan Bukti Laporan SPT Tahunan di KPP Pratama Purworejo

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM, menegaskan, saat ini tidak ada alasan lagi bagi pengusaha tidak melaporkan kegiatan usahanya kepada Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Hal itu karena sekarang pelaporan pajak dapat dilakukan dengan mudah secara online tanpa harus antre di kantor pajak.

“Saya himbau kepada seluruh wajib pajak, baik pengusaha maupun ASN, untuk segera membayar pajak dan melaporkan kegiatan usahanya. Karena pajak merupakan bentuk kepedulian terhadap pembangunan nasional,”tegas Bupati usai menyerahkan bukti laporan SPT di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purworejo, Senin (11/3).
Selain bupati, Wakil Bupati Yuli Hastuti SH juga menyerahkan bukti laporan SPT yang telah dilakukan secara online. Keduanya datang ke KPP Pratama Purworejo untuk meneladani masyarakat tentang kepatuhan wajib pajak dalam membuat laporan SPT tahunan.
Lebih lanjut Bupati mengingatkan bahwa pajak bukanlah momok yang harus dihindari, melainkan kewajiban warga negara yang harus dilaksanakan. Pajak merupakan salah satu sumber dana pembangunan.
Bupati juga mengapresiasi pemberian penghargaan kepada wajib pajak yang patuh dan melaporkan SPT secara dini. Pemberian reward itu diharapkan dapat mendorong wajib pajak lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Sementara itu Kepala KPP Pratama Purworejo Yoepida Laksmijarta Soemantri menjelaskan, penyerahan SPT Tahunan saat ini lebih mudah dengan fasilitas e-Filling. Hal itu yang menjadikan jumlah wajib pajak yang melaporkan SPT di kantor berkurang secara signifikan.

“Sudah sekitar 70 persen wajib pajak yang menggunakan e-Filling. Saat ini tinggal 30 persen yang antre di kantor,”tandas Yoepida.
Diungkapkan, e-Filling merupakan salah satu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Ditjen Pajak. Dengan menggunakan e-Filling memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam penyampaian SPT Tahunan.
Di KPP Pratama Purworejo, tahun ini jumlah wajib pajak yang wajib melaporkan SPT sebanyak 51.000, terdiri atas wajib pajak badan dan orang pribadi. Dari jumlah tersebut ditargetkan sebesar 90% menyampaikan SPT, dan 20.726 wajib pajak menyampaikan melalui e-Filling.

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada Dinas Kesehatan dan SMP Negeri 3 Purworejo atas banyaknya pegawai di OPD tersebut yang telah melaporkan SPT Tahunan. Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada sejumlah wajib pajak yang melaporkan SPT Tahunan pada awal tahun 2019.
Juga dicanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani dan penandatanganan pakta integritas dan piagam pencanangan pembangunan zona integritas. (Nas)

Tinggalkan Balasan