Banjir Mulai Surut, tapi Ribuan Pengungsi Belum Diizinkan Pulang

PURWOREJO, Ketinggian air di sejumlah wilayah yang terdampak banjir kini kondisinya sudah mulai surut. Demikian juga sejumlah daerah yang terdampak longsor. Ruas jalan Jenar-Purwodadi dan Purwodadi-Bagelen yang semalam lumpuh, sejak Senin (18/3) pagi telah normal kembali.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo Drs Sutrisno, MM, dari hasil pemantauan yang dilakukan bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Purworejo Drs Said Romadhon pada Senin (18/3) akses jalan di sejumlah titik sudah bisa dilalui kendaraan.

“Ketinggian air di sejumlah titik sudah mulai surut, namun demikian para pengungsi belum dijinkan pulang karena cuaca masih mendung dan hujan sehingga dikhawatirkan air akan kembali meninggi,”kata Sutrisno, Senin (18/3).

Dijelaskan, sedikitnya terdapat 1.000 pengungsi terdampak bencana yang tersebar di sejumlah wilayah. “Untuk menjaga kesehatan pengungsi kami sudah mengirim bantuan makanan dan obat-obatan,”jelas Sutrisno.

Diungkapkan, untuk mencukupi kebutuhan makanan para pengungsi, BPBD Purworejo setiap harinya sudah menyiapkan 1.000 bungkus nasi yang akan didrop di tempat-tempat pengungsian.

“Pengiriman 1.000 nasi bungkus dilakukan tiga kali sehari dan akan dilakukan selama para pengungsi belum kembali ke rumahnya,”ucapnya.

Meski demikian karena terkendala tenaga relawan yang menyiapkan nasi bungkus maka pihaknya berharap di masing-masing titik pengungsian didirikan dapur umum.

“Silakan dirikan dapur umum dan siapkan tenaganya nanti bahan-bahannya kami yang menyediakan,”tutur Sutrisno. (W5)

Tinggalkan Balasan