35 Pasien Positif Covid-19 yang Dirawat di Dua RSUD akan Dipulangkan

PURWOREJO, Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Purworejo yang saat ini menjalani isolasi di RSUD Dr Tjitrowardojo dan RSUD RAA Tjokronegoro akan dipulangkan ke rumahnya masing-masing untuk isolasi mandiri. Direncanakan pemulangan dilakukan bertahap mulai Sabtu (23/5) hari ini.

“Pemulangan akan dilakukan secara bertahap dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 kecamatan maupun desa,” kata Juru Bicara Posko Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purworejo, dr Darus, seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo, Rita Purnama, SSTP, MM, dalam siaran pers yang dirilis pagi ini, Sabtu (23/5).

Menurut Rita, langkah tersebut ditempuh setelah mempertimbangkan kondisi pasien yang merasa jenuh berada di rumah sakit dalam waktu yang lama. Kejenuhan pasien justru memperlambat penyembuhan.

“Ternyata isolasi mandiri di rumah lebih cepat sembuh, seperti yang dilakukan oleh Pak Fathurrahman,” tandas Rita memperkuat argumennya.

Diungkapkan, saat ini kondisi mereka sebenarnya tidak mengalami keluhan kesehatan, sehingga tidak memerlukan perawatan khusus di rumah sakit.

“Tapi jika hasil musyawarah antara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan tidak mencapai kesepakatan, maka pemulangan tidak jadi dilakukan,” tandas Rita.

Jubir Posko dr Darus

Dijelaskan, saat ini ada 57 pasien positif covid-19 yang menjalani isolasi. Mereka dirawat di RSUD Dr Tjitrowardojo sebanyak 17 orang terdiri atas 11 pasien laki-laki dan 6 perempuan. Sedang pasien yang diisolasi di RSUD RAA Tjokronegoro sebanyak 18 orang. Sementara ada 22 pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Selain itu menurutnya, penerapan program Jogo Tonggo merupakan cara efektif dalam upaya percepatan penanggulangan covid-19.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni mematuhi protokol kesehatan selama isolasi mandiri, serta memastikan yang bersangkutan tidak keluar dari lingkungan rumah.

“Juga harus dipastikan terfasilitasinya kebutuhan sehari-hari selama isolasi,” katanya.

Pada bagian lain dr Darus mengungkapkan, dalam 4 hari terakhir ini tidak ditemukan kasus positif, sedangkan pasien sembuh bertambah 2 orang.

Sehingga data keseluruhan tercatat ODP berjumlah 2153 orang, dimana 1407 orang diantaranya sudah selesai pemantauan, dan 746 orang dalam pemantauan.

PDP berjumlah 44 orang, terdiri dari 34 orang telah sembuh, 10 orang meninggal, dan tidak ada yang dirawat.

Positif Covid-19 berjumlah 74 orang, dirawat 57 orang dan 17 orang sembuh. Hasil swab negatif 184 orang. (Nas)

Tinggalkan Balasan