Satlantas Lakukan Penyekatan di Perbatasan, Kendaraan Plat B, W, T dan S Diputarbalik

PURWOREJO, Sehari menjelang pemberlakuan kebijakan larangan mudik Idul Fitri, Satuan Lalu Lintas Polres Purworejo melakukan kegiatan antisipasi pemudik. Seperti diketahui bahwa kebijakan larangan mudik akan diberlakukan mulai tanggal 6- 17 Mei 2021.

Kegiatan antisipasi arus mudik Lebaran 2021 dilakukan oleh Satlantas Polres Purworejo dalam rangka mensukseskan program dan kebijakan pemerintah melarang mudik pada 6-17 Mei 2021.

“Langkah-langkah yang dilakukan oleh Satlantas mulai dari kemarin kita sudah lakukan penyekatan di Dadirejo, Kecamatan Bagelen, perbatasan Purworejo dan Kulon Progo. Setiap sore kami jaga di sana. Kendaraan yang masuk dari luar kota khususnya yang berplat nopol B, W, T, dan S, semua kita putar balik, kembalikan ke daerah asal,” ungkap AKP. Maryono, SH, Kasat Lantas Polres Purworejo kepada Purworejonews, Rabu (5/5).

AKP Maryono, SH

AKP Maryono memaparkan, kendaraan yang tetap masuk ke wilayah Purworejo, kami beri layanan karena dilengkapi dengan dokumen dari kelurahan setempat dan dilengkapi dengan hasil Rapid Test Antigen, yang itu menjadi syarat kelengkapan dokumen mudik.

“Untuk wilayah barat juga ada pos di perbatasan Purworejo- Kebumen, ada penyekatan disana. Namun selama ini yang lebih banyak dari daerah timur. Jadi sementara ini untuk patroli dan penyekatan diarahkan di wilayah timur perbatasan Purworejo- Kulon Progo,” tegas AKP. Maryono.

Dalam kegiatan penyekatan, jelasnya, Satlantas Polres Purworejo juga memberikan arahan dan sosialisasi kepada masyarakat yang melintas agar berhati- hati di jalan.

Di tengah-tengah kegiatan penyekatan, petugas bagi-bagi takjil kepada pengguna jalan

“Saat kegiatan penyekatan, kita juga memberikan takjil gratis kepada masyarakat yang melintas untuk berbuka puasa. Hal ini untuk ikut mensyiarkan bulan suci Ramadhan. Pembagian takjil gratis ini kita lakukan terus- menerus sampai selesai bulan suci Ramadhan,” ucapnya.

Menurut Kasatlantas, jajarannya selalu memberikan himbauan kepada masyarakat, baik yang bekerja dari dan ke Yogyakarta, untuk selalu melengkapi dokumen. Satlantas selalu mengecek identitas KTP, SIM, dan STNK. 

Kemudian, terangnya, ada beberapa kendaraan yang diputarbalikkan karena bukan warga Purworejo. Dan beberapa kendaraan arah Purwokerto dan Cilacap diarahkan lewat jalur selatan-selatan (jalur Deandels). (Aziz)

Tinggalkan Balasan