Bupati Terus Benahi Purworejo, Pantai Jatimalang dan Taman Pendowo Jadi Ikon Baru

PURWODADI, Menyongsong Romansa Purworejo 2020 dan bandara New Yogyakarta Internasional Airport di Kulonprogo, Purworejo di bawah kepemimpinan Bupati H Agus Bastian, SE, MM tak henti-hentinya melakukan perubahan dan pengembangan di berbagai sektor. Diantaranya pengembangan pembangunan wisata Pantai Jatimalang di Kecamatan Purwodadi.
Menurut rencana, bulan Februari 2019 ini proyek tahap II pengembangan wisata pantai Jatimalang senilai Rp 2, 2 miliar akan memasuki lelang.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo Agung Wibowo, anggaran pembangunan pengembangan wisata Pantai Jatimalang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Ya, karena tahun 2019 ini APBD untuk pembangunan lainnya seperti Rumah Sakit tipe C yang lebih dibutuhkan masyarakat maka pembangunan kawasan pantai Jatimalang menggunakan anggaran dari pusat,” kata Kepala Dinparbud Purworejo Agung Wibowo kepada wartawan.
Dijelaskan, dalam tahap ke II ini untuk melanjutkan vegetasi taman, penataan parkir, land scap, Gasibu, jalur pejalan kaki dan pembuatan taman di patung Dewa Ruci.

Taman Pendowo

“Rencananya pertengahan bulan ini sudah mulai proses lelang, tapi kapan mulai pengerjaannya masih menunggu petunjuk teknis dan pelaksanaan. Targetnya bulan November 2019 pembangunan tahap II sudah selesai,”jelas Agung.
Selain kawasan wisata Pantai Jatimalang, upaya lainnya adalah mengubah penampilan Pos Polisi Pendowo yang sebelumnya hanya pos polisi biasa kini disulap jadi sebuah kawasan taman yang indah.

Selain keberadaan pos polisi yang didisain unik, yakni gedung mungil berbentuk buah manggis, juga dilengkapi dengan patung Pendowo Limo. Patung itu berdiri megah di atas bangunan yang di bawahnya terdapat lorong untuk beristirahat pengunjung.
Pembangunan kawasan itu menelan dana Rp 1,2 miliar yang bersumber dari APBD 2018. Dipilihnya desain buah manggis karena buah tersebut merupakan salah satu ikon dari Purworejo.
Kawasan Pendowo yang sebelumnya kumuh kini berubah jadi Taman Pendowo yang indah, asri dan nyaman. Kawasan itu tiap hari dikunjungi warga untuk rekreasi dan berswafoto. (W5)

Tinggalkan Balasan